//
you're reading...
Geomorfologi dan Lingkungan

Faktor Pembentuk Tanah

· Kebanyakan tanah terbentuk dari pelapukan batuan dan mineral (kuarsa, feldspar, mika, hornblende, kalsit, dan gipsum), meskipun ada yang berasal dari tumbuhan (gambut/peat; Histosol)

· Tanah adalah material yang tidak padat yang terletak di permukaan bumi, sebagai media untuk menumbuhkan tanaman (SSSA, Glossary of Soil Science Term)

· Jenny, H (1941) dalam buku Factors of Soil Formation : tanah terbentuk dari interaksi banyak faktor, dan yang terpenting adalah : bahan induk (parent material); iklim (climate), organisme (organism)’; topografi (Relief); waktu (time).

s = f (cl, o, r, p, t, ….

· Jika 1 faktor saja yang mempengaruhi sedang yang lain konstan, misal iklim yang mempengaruhi pembentukan tanah maka fungsi tersebut dapat ditulis :

S atau s = f (cl) o,r,p,t,…..

· Climosequence : pembentukan tanah yang hanya dipengaruhi oleh faktor iklim, sedang faktor yang lain konstan. Istilah yang sama untuk Biosequences, toposequences, lithosequences, dan chronosequences.

· Tanah dapat terbentuk dari pelapukan batuan padat (in situ) atau merupakan deposit dari material/partikel yang terbawa oleh air, angin, glasier (es), atau gravitasi. Apabila material yang terbawa tersebut masuk ke lahan (land), maka disebut landform.


Penamaan landform berdasar pada cara transport maupun bentuk akhir. Contoh : Alluvial berasal dari aliran air; morain berasal dari gerakan es dan membeku; dunes berasal dari gerakan angin thd pasir; colluvium berasal dari gravitasi.

· Batuan akan terlapukkan secara fisik disebut : disintegrasi (disintegration), maupun secara kimia disebut : dekomposisi (decomposition/decayed) dan diubah menjadi material yang lebih halus. Secara fisik misalnya pengaruh suhu, tekanan, akar tanaman. Secara kimia yang sangat berperan adalah keberadaan air, misal hidrolisis, oksidasi, reduksi, dehidrasi, dll.

· Laju pelapukan tergantung pada : (1) temperatur; (2) laju air perkolasi; (3) status oksidasi dari zona pelapukan; (4) luas permukaan bahan induk yang terekspose; (5) jenis mineral.

· Mineral adalah substansi inorganik yang homogen dengan komposisi tertentu, dan mempunyai ciri fisik berupa ukuran, warna, titik leleh, dan kekerasan. Mineral dapat digolongkan sebagai mineral primer maupun mineral sekunder.

· Tipe batuan ada 3 yaitu : (1) batuan beku (igneous rock), (2) batuan sedimen (sedimentary rock), (3) batuan metamorfosis (metamorphic rock)

· Batuan beku berasal dari pemadatan magma yang membeku. Dibagi menjadi batuan asam (acidic rock) : relatif tinggi kandungan kuarsa; mineral silikat warna terang Ca atau K/Na dan batuan basa (basic rock) : rendah kandungan kuarsa; kandungan mineral ferromagnesium warna gelap (hornblende, mika, piroksin) tinggi

di sadur dari bahan kuliah DASAR-DASAR ilmu Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Universitas Andalas

About these ads

Tentang Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

5 pemikiran pada “Faktor Pembentuk Tanah

  1. Salam Sejahtera Seru Sekalian Alam…
    kalau boleh saya tambahkan nih, ada satu lagi faktor pembentuk tanah yang tanpa kita sadari juga memberi peranan walaupun kecil tapi tidak boleh kita pungkiri bersama. “Manusia” pada aktifitas kesehariannya banyak membuat perubahan pada sifat dan bentuk tanah dan mungkin saja jenis tanah.
    Menurut mas gimana?

    Posted by Muhammad Ilyas | Sabtu, April 11, 2009, 2:38 am
  2. menurut saya diatas sudah dimasukkan faktor manusia itu. yaitu pada bagian “tanah terbentuk dari bnyak faktor”. organisme yang dimaksud disini salah satunya adalah manusia.
    tapi yang bikin saya bingung adalah adanya istilah “tanah terbentuk akibat pengaruh satu faktor saja, sedang yang lain konstan”. bagaimana tanah bisa terbentuk kalau seandainya tidak diiringi oleh berjalannya waktu (faktor waktu)? bagaimana caranya bahan induk berubah menjadi tanah tanpa adanya pengaruh waktu? coba dicek lagi deh… bahan induk ga akan pernah bisa berubah menjadi tanah klo tidak ada pelapukan. atau mungkin kasih saya contoh tanah yang terbentuk akibat satu faktor tersebut. tempatnya dimana dan jenis tanahnya apa?

    Posted by La An | Rabu, April 29, 2009, 2:54 pm
  3. terima kasih atas materinya dengan materi ini saya bisa belajar tentang tanah lebih mendalam lagi, kalau bisa materinya ditambah yang lengkap!
    terima kasih…..

    Posted by bambang restu utomo | Rabu, Oktober 28, 2009, 1:48 pm
  4. sy takda benda nak komen tapi nak tanya tentang tanah.
    sy sedang dalam kajian untuk mendapatkan pengaliran haba tanah.Semuanya ada 7 jenis tanah, tanah pasir halus, tanah pasir kasar, tanah gambut, tanah gembur, tanah liat, tanah bakar dan tanah batu oren.ok…apakah ciri2 yang perlu sy selidik tentang tanah 2 ini untuk dapatkan suhu pengaliran haba tanah2 ini?.

    student UTeM

    Posted by uya | Minggu, Januari 24, 2010, 11:19 am
  5. With that low as $25,000 of economical commitments you can gain yourself a number of shares basically buying the a red cent stocks.
    Your newsletters supply you with the facts and techniques you need
    in addition to the usually are very good at picking stocks at currently the exact right day time.

    Posted by google search engine | Senin, April 1, 2013, 10:28 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v” Watasi no namaewa Eirlangga desu. Doctor wa yumeda kara .

RSS GIS FORUM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My GALERY

Tree love

tes warna tanah  dgn munshel

bor mineral by cipta

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: