Bioteknologi

BIO Gas salah satu alternatif enegi saat ini !!!

Biogas adalah gas mudah terbakar   (flammable) yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan, organik oleh bakteri-bakteri anaerob (bakteri yang hidup dalam kondisi kedap udara). Pada umumnya semua jenis bahan organik bisa diproses untuk menghasilkan biogas, namun demikian hanya bahan organik (padat, cair) homogen seperti kotoran dan urine (air kencing) hewan ternak yang cocok untuk sistem biogas sederhana. Disamping  itu juga sangat  mungkin menyatukan saluran  pembuangan dikamar mandi atau WC ke dalam sistem Biogas. Di daerah yang banyak industri   pemrosesan makanan antara lain tahu, tempe, ikan  pindang atau brem  bisa menyatukan   saluran limbahnya ke dalam
sistem Biogas, sehingga  limbah industri  tersebut tidak mencemari   lingkungan di sekitarnya. Hal ini memungkinkan karena limbah industri tersebut diatas berasal dari bahan organik yang homogen.
Jenis bahan organik yang diproses sangat mempengaruhi produktifitas sistem biogas   disamping parameter-parameter lain seperti temperatur digester, pH, tekanan dan kelembaban udara.
Salah satu cara menentuka bahan organik yang  sesuai untuk menjadi bahan   masukan sistem Biogas  adalah  dengan  mengetahui  perbandingan Karbon (C) dan Nitrogen (N) atau disebut rasio C/N.
Beberapa percobaan yang telah dilakukan oleh ISAT menunjukkan bahwa aktifitas metabolisme dari bakteri methanogenik akan optimal pada nilai rasio C/N sekitar 8-20.

Majalah Kampus GentaEdisi 117, Thn XXXIII /27 Maret 1998halaman 35-38

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

2 thoughts on “BIO Gas salah satu alternatif enegi saat ini !!!

  1. Kami sangat tertarik dengan Teknologi Biogas dari kotoran ternak. Kami telah survei di Desa Kesadikan kec. Tarub Kab Tegal, yang memiliki 87 kandang kambing dan 560 ekor kambing. Rata2 dalam 1 hari ada 50 – 100 Kg kotoran yang terbuang sia2. Bolehkah kami diberikan teknik pembuatan biogas? Terima kasih..

    Posted by Abdul Wahid, S.Kom (Pengurus Gapoktan Maju Jaya Desa Kesadikan) | Selasa, Agustus 19, 2008, 4:26 am
  2. mas/bang..
    aq lagi nyari karakter fese tiap ternak ex: sapi potong/sapi perah. seberapa ngaruh terhadap pembuatan biogas ya..
    oia..makasih ya atas ilmunya krna sangat membantu aq dalam menyelesaikan skripsi qu..
    oia tolong ya klu ada info tentang diatas..
    thanks

    Posted by lidia | Jumat, Januari 30, 2009, 7:16 am
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v”
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Follow EIRLANGGA COFFE CORNER on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: