Bioteknologi

Energi Biru Dari Kotoran Ternak

Bahan organik dimasukkan ke dalam ruangan tertutup kedap udara (disebut Digester) sehingga bakteri anaerob  akan   membusukkan  bahan  organik  tersebut yang   kemudian menghasilkan   gas (disebut Biogas). Biogas yang telah  terkumpul di dalam digester   selanjutnya dialirkan  melalui pipa   penyalur gas menuju tabung penyimpan gas atau langsung ke lokasi penggunaannya.
Komposisi gas yang terdapat di dalam Biogas dapat dilihat pada tabel berikut:

Jenis Gas Volume (%)
Methana (CH4) 40 – 70
Karbondioksida (CO2) 30 – 60
Hidrogen (H2) 0 – 1
Hidrogen Sulfida (H2S) 0 – 3

Nilai kalori dari 1 meter kubik Biogas sekitar 6.000 watt jam yang setara dengan setengah liter minyak diesel. Oleh karena itu Biogas   sangat cocok  digunakan  sebagai  bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan pengganti  minyak  tanah, LPG, butana, batubara, maupun   bahan-bahan lain yang berasal
dari fosil.
Biogas  dapat  dipergunakan  dengan  cara  yang    sama  seperti  gas-gas mudah terbakar yang lain. Pembakaran biogas dilakukan dengan mencampurnya dengan sebagian oksigen (O2). Namun demi-
kian, untuk  mendapatkan  hasil  pembakaran  yang  optimal, perlu  dilakukan  pra  kondisi sebelum Biogas dibakar yaitu melalui proses pemurnian/penyaringan karena Biogas   mengandung   beberapa
gas lain yang tidak  menguntungkan. Sebagai  salah   satu contoh, kandungan gas Hidrogen Sulfida yang tinggiyang terdapat  dalam Biogas  jika dicampur  dengan Oksigen dengan perbandingan 1:20, maka  akan menghasilkan gas yang sangat mudah meledak. Tetapi sejauh ini belum pernah dilapor-
kan terjadinya ledakan pada sistem Biogas sederhana. 

Sumber:
Majalah Kampus Genta

Edisi 117, Thn XXXIII /27 Maret 1998
halaman 35-38

energi-biogas.jpg

Gbr. Api Bio Gas dari kotoran ternak

DIagram biogas Diagram alir biogas Proses.

biogas

Gbr. Pabrik Biogas yang telah dibuat oleh Masyarakat

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

52 thoughts on “Energi Biru Dari Kotoran Ternak

  1. Terimakasih atas share ipteknya…
    mohon arahan desain untuk produksi bio gas di lingkungan lapas/penjara, dengan tingkat hunian rata2 600 orang.

    Trims

    dr.YK Freddy

    Posted by dr.YK.Freddy (LP Sidoarjo) | Senin, Maret 3, 2008, 3:32 am
  2. sangat menarik bila masyarakt kita bisa memenuhi kebutuhan energi dalam skala rumah tangga. Akan sangat besar bisa mengurangi energi minyak dan gas bumi. bagaimana bila bi energi itu dihasilkan dari kotoran manusia dan dterapka dalam skala kecil, mohon penjelasan labih lanjut mengenai hal teknis dan rancangan yang memungkinkan bisa diterapkan? TQ

    Posted by wixx | Sabtu, April 5, 2008, 5:38 am
  3. Saya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna untuk menghasilkan Biogas dari kotoran ternak dimaksud.
    Kiranya detail konstruksinya disampaikan kepada saya melalui email saya. sampai pada tahap penggunaannya dan peralatan yang digunakan.
    Mudah2an ini bisa diterapkan didaerah saya di Sumatera Utara Kabupaten Tapanuli Selatan, mengingat BBM pada saat ini ditingkat masyarakat sangat mahal, alangkah baiknya juka TTG seperti ini bisa kita terapkan untuk memenuhi kebutuhan BBM yang murah dan bersahabat dengan Alam.
    Kebetulan di daerah saya sangat banyak kotoran ternak yang tidak dimanfaatkan semstinya.
    Thanks……
    irans_leader@yahoo.com

    Posted by Iran S | Rabu, April 9, 2008, 6:57 pm
  4. iys pak iran. nanti saya kirim khan . dan bpk bisa pelajari teknis nya.

    Posted by Eirlangga | Kamis, April 10, 2008, 7:13 am
  5. saya jadi tertarik untuk mencoba membuat bio gas mengingat di daerah saya terdapat banyak kotoran ternak terutama sapi. Kalau bisa saya dijelaskan lebih detail mengenai design dan teknik pembuatannya secara sederhana ke email saya. terima kasih

    Posted by yudi wiyono | Senin, April 14, 2008, 10:44 am
  6. sangat berminat membuat pemroduksi biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi, mohon kiranya di bantu untuk realisasinya dikemudian hari, tolong detail kontruksinya kami dibantu.

    Posted by amin | Jumat, April 18, 2008, 11:37 pm
  7. Ups … ini dia yang aku cari, sebelumnya makasih banget kalo bisa nimba ilmu dari sini,
    gini boss … abah saya punya usaha pemotongan kambing, dalam sehari rata-rata 15-20 ekor, dan yang jadi masalah limbahnya boss (calon kotoran yang masih di lambung). saat ini kita cuma bisa tampung pada lubang-lubang galian dengan volume kurang lebih 3X3X6 m, dan paling hanya bertahan sekitar 6 bulan saja sehingg asetelah itu kita harus bikin lubang yang baru lagi (sampai he2 … pekarangan yang ada sudah hampir habis) kira2 mungkin ngga kotoran yang itu dimanfaatkan? (saya sudah dua kali mengiklankan bagi siapa saja yang membutuhkan bisa mengambil dengan gratis) tapi sampai saat ini peminatnya kurang. jadi mungkin saya bisa mengolahnya untuk bisa lebih berguna lagi, seperti boss yudi, saya minta bantuan untuk bisa mengenal design dan tekhnik pembuatannya yang mungkin juga secara sederhana.
    sebelumnya makasih banget boss, kalo ga keberatan bisa di email in ke saya boss! trim’s banget , suksess!

    Posted by herri | Sabtu, April 19, 2008, 7:55 pm
  8. saya berencana akan mengembangkan bio gas di daerah saya Kalimantan Barat, saya kesulitan dalam merancang konstruksi penampung gas hasil bio gas tersebut.tolong berikan gambar detail konstruksi untuk skala kecil Bio gas. saya telah mendapatkan formula baru ttng komponen yang dapat digunakan dalam bio gas ini,khususnya didaerah saya. tolong masukannya. saya bersama tim saya minimal dalam tahap pertama ingin menggunakan gas tersebut untuk kompor.tolong berikan tips serta berbagi ilmu bagaimana merancang konstruksinya yang murah dan mudah didapat di sekitar kita. terima kasih

    Posted by agussariadi | Selasa, April 29, 2008, 7:35 am
  9. mohon kiranya detail gambar dan bahan yang dibutuhkan utk menghasilkan bio gas, jika memungkinkan akan saya cuba buat mengingat di rumah saya ada ternak lembu 5 ekor, semoga kotoran tidak terbuang percuma…thk u

    Posted by kariadi | Selasa, Mei 6, 2008, 9:19 am
  10. iya mas.. saya lagi ngerancang yang sederhana nih.. doa kan cepat selesai dan akan saya buat khan tampilan rancangan nya beserta gambar

    Posted by Eirlangga | Rabu, Mei 7, 2008, 6:53 pm
  11. aku ingin tahu gimana cara buat energi dari kotoran ternak

    Posted by fatkul | Minggu, Mei 11, 2008, 1:41 pm
  12. Asw.saya tertarik dengan tekonolgi biogas. saya mohon Anda dapat mengirimkan design instalasi biogas ke e-mail saya. terima kasih sebelumnya.

    Posted by maripah | Selasa, Mei 27, 2008, 2:25 am
  13. MAntap Nian

    Bang Kawan aBang OraNG JapAN GAlo yo

    aDo yaNG CeweK DAk BAng
    KLq ADo
    KnaLin Lah DGn Aq……
    heheheheh

    Posted by Nando Gafar | Jumat, Mei 30, 2008, 9:09 am
  14. sangat bermanfaat bagi masyarakt kita jika bisa memenuhi kebutuhan energi dalam skala rumah tangga. Akan sangat besar bisa mengurangi energi minyak dan gas bumi. dan dterapka dalam skala kecil (home), mohon penjelasan labih lanjut mengenai hal teknis dan rancangan yang memungkinkan bisa diterapkan dan saya mohon Anda dapat mengirimkan design instalasi biogas ke e-mail saya. terima kasih

    Posted by cengli | Selasa, Juni 3, 2008, 2:24 am
  15. Mas a sangat tertarik dngan enrgi bio gas,apakah bisa saptitank drumah kita unt dgunakn unt energi alternatif.Gmn cr membuatny n tlng sy dkrm gambar tentang cr pmbuatny k emailku y.Thanks.

    Posted by Gading | Rabu, Juni 4, 2008, 5:16 am
  16. Terima kasih bos, infonya sangat berguna sekali. mohon penjelasan labih lanjut mengenai hal teknis dan rancangan yang memungkinkan bisa diterapkan dan saya mohon Anda dapat mengirimkan design instalasi biogas ke e-mail saya. terima kasih banget deh

    lord_rio1@yahoo.com

    Posted by Lord Rio | Rabu, Juni 11, 2008, 3:52 am
  17. Trimakasih mas udah membaca literatur nya, sebenar nya saya juga masih dalam tahap mencobakan nya. seandai nya percobaan ini berhasil nanti saya akan kirim kan literatur nya.

    Posted by Eirlangga | Rabu, Juni 11, 2008, 1:32 pm
  18. sangat menarik bila masyarakt kita bisa memenuhi kebutuhan energi dalam skala rumah tangga. Akan sangat besar bisa mengurangi energi minyak dan gas bumi. bagaimana bila bi energi itu dihasilkan dari kotoran manusia dan dterapka dalam skala kecil, mohon penjelasan labih lanjut mengenai hal teknis dan rancangan yang memungkinkan bisa diterapkan? atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu terimaksih ..

    Posted by hamdan | Jumat, Juni 13, 2008, 3:27 am
  19. bang jibang pattan bing bunung bang gayno

    Posted by chandrishan Alles | Senin, Juni 16, 2008, 7:59 am
  20. Salam kenal bung.
    Kami bersama sama masyarakat kecil di daerah Tangkiling (30 km dari kota Palangkaraya, ibukota Kalimantan Tengah) membentuk pertanian terpadu berbasis peternakan khususnya sapi potong (penggemukan utamanya, pembibitan sambilannya).
    kami sangat bersyukur bisa mendapat ilmu yang sangat bermanfaat disini.
    Kami berkeinginan membuat instalasi biogas sederhana minimal untuk kompor rumah tangga dan penerangan (karena disini PLN belum masuk).
    Mimpi kami apabila diperkenankan adalah membuat instalasi biogas besar yang bisa menggerakkan generator listrik (minimal penerangan kelompok kami, syukur kalau bisa dijual ke PLN), cuma detail instalasinya kami belum ada termasuk alat generator listrik tenaga biogas.
    Besar harapan kami apabila bung bisa membantu harapan dan mimpi kami menjadi kenyataan.
    o ya. Peternakan kami bernama Kelompok Peternak Wijaya Kusuma.

    Posted by iman santoso | Minggu, Juni 22, 2008, 9:51 am
  21. untuk pak imam..

    iyaa pak saya juga sedang melakukan riset biogas ini. nanti apa bila telah sukses secepat nya saya kirim khan teknis pembuatan nya.

    Posted by Eirlangga | Minggu, Juni 22, 2008, 5:55 pm
  22. saya sangat tertarik sekali dengan sumber energy alternatif ini, di daerah saya hampir setiap keluarga mempunyai ternak sapi. Mohon dijelaskan lebih detail mengenai design dan teknik pembuatannya secara sederhana ke email saya. terima kasih.

    Kalau bisa dengan design detail.

    Posted by Hoke Saputra | Minggu, Juni 29, 2008, 1:55 am
  23. Dengan hormat,
    Kami ingin membantu warga pedesaan (di Bali) untuk membuat unit pengolahan biogas dari kotoran sapi. Mohon keterangan, bagaimana untuk mendapatkan brosur/gambar, bahan yang diperlukan, perkiraan biaya dll. Apabila perlu menyurati, mohon dikirim alamat lengkap.
    Trimakasih.

    Posted by Sugeng Hartono | Selasa, Juli 1, 2008, 7:08 am
  24. Saya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna untuk menghasilkan Biogas dari kotoran ternak dimaksud.
    Kiranya detail konstruksinya disampaikan kepada saya melalui email saya. sampai pada tahap penggunaannya dan peralatan yang digunakan. dan juga tahap pembutan dari awal sampai dengan biaya. karena di rumah saya banyak ternak sapi. tolong di kirim secepatnya. minimal 4 hari dari sekarang ya…terima kasih

    Posted by kardiasa | Selasa, Juli 8, 2008, 1:07 am
  25. salam kenal
    aku pernah melihat di metro tv konstruksi biogas dari limbah rumah tangga seperti bekas makanan kita tapi belum dapat merealisasikannya karena petunjuknya kurang lengkap. bagi rekan yang punya informasi lengkap tentang kontrsuksi digester biogas, mohon diinformasikan.

    Posted by ahmad nur | Kamis, Juli 17, 2008, 4:25 am
  26. menarik sekali mas, tapi masih kurang paham kalau ngak liat proses sederhananya, bisa dikirimkan nggak ya ke email saya, sebelumnya terima kasih banyak
    email: divacoints@gmail.com

    Posted by deddy | Selasa, Juli 22, 2008, 6:07 am
  27. Mas Eir,

    Thanks buat share nya, tentunya hal ini akan menjadi suatu info sangat menarik terutama dengan krisis energy yang kita hadapi saat ini.

    Mohon bantuannya untuk dapat dikirimkan detail instalasi nya ya..
    email: bugner_ruben@yahoo.co.id

    let’s go green…
    save our world save our child.

    Posted by bugner ruben | Selasa, Juli 29, 2008, 7:18 pm
  28. Saya berminat membuat pemroduksi biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi karena kebetulan di belakang rumah ada peternak sapi yag belum dimanfaatkan, tolong detail kontruksinya & installasinya kami dibantu. Dan bagaimana jika dibutukan sekitas 25 KK ( satu RT )

    Posted by Susilo | Kamis, Juli 31, 2008, 4:08 am
  29. aku tertarik banget dg teknik bio energi, di kampungku banyak orang yang punya sapi. aku pengin bgt bisa bikin alat untuk mengolah kotoran ternak jadi bio energi, kalo tidak keberatan aku minta di ajarin gmn cara bikin alatnya. trims bgt

    Posted by wawan | Selasa, September 30, 2008, 6:31 am
  30. profesor yg terhormat.
    saya S Kurniawan dari Blitar.
    saya sangat tertarik dengan bio gas dari kotoran ternak yang telah anda praktekkan tersebut.
    untuk lebih lanjut,:
    1.bagaimana saya berkomunikasi dengan anda? (dengan siapa)
    2.alamat anda dimana? (nomor telepon juga)
    3.untuk saya pelajari dirumah,mohon saya dikirimi detail kontruksinya,cara kerja bio gas tersebut hingga bisa untuk memasak ,pengganti kompor gas.
    4.bahan baku dan perlengkapan apa saja yang perlu disediakan,untuk membuatnya.tolong anda beri daftar keterangan yang detail.
    5. saya tunggu jawaban anda
    di e-mail ; lebda8@yahoo.com.
    .tolong dan mohon sesegera mungkin.
    terimakasih sebelumnya.

    Posted by sugeng kurniawan/ eko w. | Minggu, November 9, 2008, 7:53 am
  31. bozz bisa kasih tau saya gmn untuk membuatnya dengan rancang bangun yang sederhana dan dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh serta biaya murah seperti dengan memanfaatkan drum bekas. sebab agar bisa diterapkan oleh masyarakat desa terpencil di desa saya.

    Posted by ruzz | Rabu, November 26, 2008, 5:40 am
  32. salam kenal, sama seperti teman diatas. saya juga tertarik dengan paparan saudara.sebelumnya saya juga pernah meliohat instalasi biogas. kemudian saya tertarik untuk mengembangkan biogas di daerah saya di bengkulu. untuk itu mohon kiranya saudara berkenan mengirimkan desain instalasi biogas melalui email saya oedien_ugm@yahoo.co.id
    trims…..saya tunggu

    Posted by udin | Senin, Desember 1, 2008, 3:12 am
  33. GIMANA CARANYA MEMBUAT INSTALASI BIO GAS UNTUK SKALA RUMAH TANGGA SEHINGGA BISA DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN SEHARI-HARI. (BAHAN DASARNYA YA KOTORAN MANUSIA DARI WC) TOLONG KASIH GAMBARANNYA. TRIMAKASIH

    Posted by BAMBANG PURNOMO | Jumat, Desember 5, 2008, 5:38 am
    • waahh untuk pembuatan biogas dari pemanfaatan kotoran manusia saya blom tau mas, karena saya juga masih sedang melakukan penelitian ini.
      doa kan berhasil yaa

      Posted by Eirlangga | Senin, Desember 15, 2008, 4:34 pm
  34. mas eir, saya ntar juga minta rancangannya ya, di tunggu.
    makasih sebelumnya.
    salam.

    Posted by de ween | Selasa, Januari 13, 2009, 5:33 am
  35. dear mister,,
    sangat menarik rubrik biogas yang dibuat, sayang untuk desa saya jumlah orang yang piara sapi cukup buanyak maka limbah kotorannya pun sudah dipastikan bermasalah, mohon bantuan spesifikasi dan detil untuk pembuatan biogas agar dapat kami manfaatkan karna didaerah kami belum pernah ada yang memanfaatkan kalau mungkin bisa menjadi bernilai ekonomis

    Posted by misli suhardi | Rabu, Januari 14, 2009, 2:55 pm
  36. Terimakasih, dari sini saya mendapatkan banyak gambaran pemanfaatan energi.

    Posted by djeemo | Minggu, Januari 25, 2009, 3:30 am
  37. Apakah biogas dari kotoran ternak bisa kita pakai menjadi pengganti bahan bakar disel atau bensin…?? Dan bgm cara modifikasi motor bensin atau disel agar kita bisa menggunakan biogas kotoran ternak. Demikian pertanyaan sy. Sekian… Terima kasih…

    Posted by Yohan Lakinende | Jumat, Februari 6, 2009, 8:33 am
  38. saya mau minta tolong,,,,,tolong aq dikirim tetang pembuatan bio gas dari kotoran ternak secara mendetail,,,,,saya mau mempelajari tentang bio gas,,kalau bisa disertai gambar dalam proses pembuatannya,,,,

    Posted by ween | Jumat, Februari 6, 2009, 3:07 pm
  39. bisakah saya mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci,dan gambar reaktor biogas., tolong kalau ada saya diemail

    Posted by budy | Kamis, Februari 19, 2009, 3:34 am
  40. salam kenal, sama seperti teman diatas. saya juga tertarik dengan paparan saudara. untuk itu mohon kiranya saudara berkenan mengirimkan desain instalasi biogas melalui email saya nauvaldzaky@yahoo.co.id

    Posted by tutut harianto | Rabu, Februari 25, 2009, 4:33 am
  41. mohon bantuannya untuk dapat mengirimkan saya petunjuk teknis lengkap pembuatan reaktor biogas, kebetulan saya memelihara beberapa ekor sapi, mudah-mudahan limbah kotoran sapi tersebut dapat bermanfaat bagi masy sekitar. terima kasih atas perkenan bantuannya

    Posted by Ical | Senin, Maret 2, 2009, 1:25 am
  42. mohon bantuannya untuk dapat mengirimkan saya petunjuk teknis lengkap pembuatan reaktor biogas, kebetulan saya memelihara beberapa ekor sapi, mudah-mudahan limbah kotoran sapi tersebut dapat bermanfaat bagi masy sekitar. terima kasih atas perkenan bantuannya. email; rajawalikobar@yahoo.co.id

    Posted by Ical | Senin, Maret 2, 2009, 1:27 am
  43. samma seperti yang laen mas,, tolong diberi penjelasan tentang biogas yang ekonomis. lengkap. saya ingin merealisasikan di desa saya. banyak limbah ternak tdk terpakai. kirimin email ya…

    Posted by fredy | Senin, Maret 2, 2009, 9:51 am
  44. mas.. di kampungku banyak kotoran kebo/sapi. akan berguna sekali kalau bisa diproses walaupun skala kecil.
    mohon kirim artikel cara2 dan peralatan yang dibutuhkan mas.
    trims sebelumnya.

    Posted by hidayat | Kamis, Maret 5, 2009, 4:42 am
  45. Saya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna untuk menghasilkan Biogas dari kotoran ternak dimaksud.
    Kiranya detail konstruksinya disampaikan kepada saya melalui email saya. sampai pada tahap penggunaannya dan peralatan yang digunakan.
    Mudah2an ini bisa diterapkan didaerah saya di sulawesi mengingat BBM pada saat ini ditingkat masyarakat sangat mahal, alangkah baiknya juka TTG seperti ini bisa kita terapkan untuk memenuhi kebutuhan BBM yang murah dan bersahabat dengan Alam.
    Kebetulan di daerah saya sangat banyak kotoran ternak yang tidak dimanfaatkan semstinya.
    Thanks……

    Posted by mujahidin | Rabu, Maret 25, 2009, 3:09 pm
  46. salam kenal mas..
    sama dengan kawan yang laen kalo ndak keberatan saya minta dikirimi desain instalasi untuk biogas skala rumah tangga ke email saya.
    sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya

    Posted by ambar | Sabtu, Maret 28, 2009, 5:05 am
  47. truz gimana kalo jenis kotorannya berbeda
    misalnya kotoran manusia apa ada pengaruhnya seperti kandungannya berbeda and apa ada ukuran-ukuran yang baku untuk merancang pembuatan bio gas itu?
    selain itu apa bio gas itu benar2 efektif?
    karena di sisi lain nyatanya pembuatan, perancangan dan perawatannya juga nggak gampang – termasuk baunya kotoran – yang gak tahan

    Posted by pascal | Kamis, April 2, 2009, 7:51 am
  48. klo dr feces manusia bagaimana mas,caranya sm gak?
    tolong ksh tau mas cara2 yg mudah utk memanfaatkan feces sbg sumber bio gas.thanks

    Posted by bachtiar | Kamis, April 2, 2009, 2:35 pm
  49. profesor yg terhormat.
    saya Akbar Asri, ST dariDinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Enrekang, Prov.Sulawesi Selatan
    saya sangat tertarik dengan bio gas dari kotoran ternak yang telah anda praktekkan tersebut.
    untuk lebih lanjut,:
    1.bagaimana saya berkomunikasi dengan anda? (dengan siapa)
    2.alamat anda dimana? (nomor telepon juga)
    3.untuk saya pelajari dirumah,mohon saya dikirimi detail kontruksinya,cara kerja bio gas tersebut hingga bisa untuk memasak ,pengganti kompor gas.
    4.bahan baku dan perlengkapan apa saja yang perlu disediakan,untuk membuatnya.tolong anda beri daftar keterangan yang detail.
    5. di kantor saya ada kegiatan pengelolaan energi alternatif, boleh dong kita kerjasama dalam kegiatan tersebut
    6.Saya ada paket pengadaan biogas 20 unit , dan saya mau biogas tersebut ditempatkan di satu dusun sehingga dusun tersebut menjadi desa mandiri energi
    5. saya tunggu jawaban anda
    di e-mail ; fabanelz@yahoo.co.id.
    .tolong dan mohon sesegera mungkin.
    terimakasih sebelumnya.

    Posted by ibank | Senin, April 6, 2009, 8:51 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Catatan » Blog Archive » Halo dunia! - Sabtu, April 11, 2009

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v”
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Follow EIRLANGGA COFFE CORNER on WordPress.com
