Serba- Serbi (^_^)...b

PEMIMPIN YANG TAK HANYA DIAM

PEMIMPIN YANG TAK HANYA DIAM

Assalamualaikum… Wr… Wb..

Suatu kebutuhan yang harus segera dijawab oleh suatu organisasi kampus, yang bergerak dibidang pengkaderan dan Keprofesian adalah suatu bentuk pedoman yang mampu memberikan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan pada saat ini. pedoman tersebut mampu menjadi dasar kebutuhan organisasi dan anggota sebagai jembatan dalam merih cita cita sucinya yang tergaris didalam dasar dan tujuan organisasi dan sekaligus mampu mengantisipasikan berbagai fungsi dan kendala yang terus berkembang dalam suatu sistem kehidupan yang selalu mengalami perubahan.

Kemahiran memimpin merupakan sesuatu yang boleh di pertingkatkan dari masa ke masa. Kemahiran bekerjasama amat di tekankan di dalam sesebuah organisasi bagi mencapai kecemerlangan. Sebagai seorang pemimpin, mungkin mereka mampu memberi arahan kepada orang lain tetapi adakah pengarahan ini di patuhi oleh orang yang menerima arahan ??? ini merupakan suatu koreksi suatu kesalahan untuk memperbaiki diri.  Di dalam masyarakan negara ini terutama masyarakat melayu. Apabila di berikan perhatian yang sewajarnya kepada mereka , mereka akan merasa  untuk tidak patuh kepada arahan begitu juga dengan pemimpinnya ,  mereka akan merasa berat untuk tidak memberi kerjasama apabila telah di perlakukan baik kepadanya.  Oleh karena itu, seseorang pemimpin perlulah mewujudkan sikap bekerjasama dengan anggota di dalam suatu organisasi untuk mencapai kecemerlangan.

Seorang pemimpin harus mampu merencanakan sesuatu dengan matang, dan mempunyai Back Up jalan alternatif ketika suatu masalah yang di hadapi tidak sesuai dgn yang diperkirakan. Oleh karena itu sang pemimpin harus lah mempunyai pikiran yang logis dan berjiwa kritis . contoh nya saja kita ambil ruang ligkup kehidupan di kampus yaitu di fakultas, siapa yang menjadi pemimpin di fakultas ?? iya benar tentunya seorang Dekan yang di pilih dan diangap bisa manage segala sesuatu yang di butuh kan fakultas. Nah bagai mana dengan mahasiswa ?? di sini mahasiswa merupakan suatu kelompok  orang-orang yang bersama-sama untuk belajar , siapa yang mereka contoh ?? tentunya seseorang yg dapat membuat nya kagum dan bangga.  Dan dalam hal ini seorang pemimpin yang baik hendak nya mampu memberikan pengarahan – pengarahan dan ide yang baik guna memperlancar proses blajar mengajarnya, baik itu dalam belajar untuk keperluan Study, maupun untuk Belajar dalam Berorganisasi. Agar terciptalah seorang sosok Alumni yang dapat di banggakan oleh Almamaternya.

Apakah PEMIMPIN KITA SUDAH SEPERTI ITU ??? silah kan tanya dengan Hati nurani saudara ???

Teladan adalah sifat yang harus ada dalam jiwa setiap pemimpin. Keteladanan merupakan satu kata kuno dan klasik yang tidak pernah lekang ditelan zaman dan modernisasi ilmu untuk mengubah tingkah laku seseorang. Keteladanan juga merupakan kunci keberhasilan kepemimpinan seseorang.Keteladanan sangat erat kaitannya dengan pelayanan dan kerendahan hati.


apa yang pernah dikatakan Zig Ziglar dalam bukunya Something Else to Smile About(2001) bahwa ketika keteladanan sudah dapat dijalankan dengan baik, maka sebenarnya kita tidak perlu terlalu pusing lagi untuk memeriksa apakah aturan sudah dijalankan atau tidak, karena pelaksanaan aturan yang konsisten dimulai dari proses keteladanan yang dilaksanakan oleh pemimpin lininya. Keteladanan sudah menyatu dalam proses pengawasan.

Pemimpin yang memiliki teladan mampu mencetak pemimpin baru tanpa merasa harus disaingi. Baginya bukan “macho” yang penting (hal-hal yang bersifat kewenangan, kekuasaan, dan asesoris jabatan yang dipegangnya), melainkan “maestro” yang paling utama (bisa tidak, ia mengerjakan pekerjaan yang dibebankan pada dirinya).

“Janganlah lupa bahwa apa yang tidak anda hargai, tidak akan dihargai, bahwa apa yang tidak anda ingat tidak akan diingat, bahwa apa yang tidak anda ubah tidak akan berubah, bahwa apa yang tidak anda kerjakan tidak akan dikerjakan. Anda bisa kalau mau, membentuk masyarakat yang pemimpinnya, entah bisnis atau politik, tidak terlalu terobsesi dengan uang dan jabatan. Pertanyaan sesunguhnya, bukanlah soal apa yang harus diperbuat, melainkan sekadar kemauan untuk melakukannya-Alexander M.Sauders Jr-.

Dan sekarang adalah saatnya bagi kita masing-masing pemimpin untuk bisa memberikan teladan dari kita agar kepemimpinan kita dapat menjadikan rasa kebermanfaatan tertuang dalam hati sanubari tiap-tiap orang yang kita pimpin.

 Sesungguhnya tiap diri kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin wajib bertanggungjawab tentang apa yang telah kita lakukan di dunia pada hari akhir nanti.
Renungkan lah Ini, jika ingin bangsa kita keluar dari keterpurukan, bagi pemimpin berikanlah contoh yang terbaik, agar tercipta sang Kaderisasi pemimpin Yang baru yang dapat mengerti apa yang Harus mereka lakukan ?? BUKAN HANYA SEKEDAR DIAM !!!


Wassalam…….

 

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

One thought on “PEMIMPIN YANG TAK HANYA DIAM

  1. Saya sAn9aT kAgum terhadaPmu.
    akademik mantap, organisasi makyusss.
    semoga dalam setiap langkahmu rendah hati selalu menjadi pakaiannmu.
    meMang benar pEmimpin harus mampu menjadi teladan bagi yang lain.
    selain itu dalam organisasi seorang pemimpin harus mampu menciptakan suatu kenyamanan dan perasaan kekeluargaan yang baik agar tak ada Musuh Dalam Selimut……….
    dan tak akan ada lagi, pagar makan tanaman.

    Posted by SECRET LOVERS | Jumat, April 18, 2008, 7:43 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v”
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Follow EIRLANGGA COFFE CORNER on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: