Geomorfologi dan Lingkungan, Serba- Serbi (^_^)...b

Salah Satu Sumber CO2

Darimanakah asal dari kelebihan CO2 tersebut?. Kelebihan CO2 ternyata berasal dari proses dekomposisi bahan organik, terutama yang terjadi pada lantai danau atau sungai. Proses dekomposisi tersebut terjadi dengan bantuan bakteri heterotrofik yang menghasilkan CO2 dan methan.

Jumlah CO2 yang dilepaskan oleh proses dekomposisi bahan organik sangat ditentukan oleh jenis bahan organiknya. Beberapa penelitian membuktikan bahwa jenis bahan organik yang berbeda menghasilkan jumlah CO2 yang berbeda pula dalam proses dekomposinya pada endapan sungai atau danau. Bahan organik yang berasal dari tanaman air diketahui akan menghasilkan jumlah CO2 lebih banyak dibandingkan dengan bahan organik yang berasal dari tanaman darat. Hasil analisis kimiawi terhadap kedua kelompok tanaman tersebut juga menyatakan bahwa tanaman air segar mempunyai kadar nutrien yang lebih banyak dibandingkan dengan daun tanaman darat. Bakteri pada umumnya akan lebih aktif pada bahan-bahan organik yang kaya nutrien sehingga CO2 yang dihasilkan akan lebih banyak. Kandungan CO2 dapat juga lebih banyak terutama pada perairan yang mengandung Karbon Organik Terlarut (DOC) tinggi. Karbon Organik Terlarut pada umumnya berada dalam proses pembusukan sehingga dapat menjadi sumber CO2 yang potensial.

Sumber : dari berbagai referansi dan Hasil pengamatan.

.

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

One thought on “Salah Satu Sumber CO2

  1. Emisi Karbon (Eka)

    Si Eka ini mamng perlu kita waspadai dan juga harus terus dicermati perkembangannya (pertambahan) emisinya bukankan CO2 (Eka) adalah factor utama penyebab pemanasan global saat ini.

    Apalagi dengan semakin intensnya exploitasi bumi sehubungan dengan peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan (kerakusan) manusia akan sumber daya alam terutama akan kebutuhan energy (yang masih mengandalkan bahan bakar fosil) yang sekaligus merupakan kontributor terbesar bagi emisi karbon dunia.

    My dream is how we can decrease this carbon emision..? selain dengan penggunaan energy alternative (green energy – wind, water, sun, etc), satu hal yang perlu di calculate dan diperhatikan adalah seberapa besar kontribusi emisi carbon akibat aktivitas pemupukan (carbon release by vertilizer) yang tentunya akan semakin meningkat tajam seiring dengan kebutuhan peningkatan hasil pertanian untuk berbagai kebutuhan (incl. food).

    It’s important issue for agricultural country such us Indonesia.

    let’s go green
    dengan tidak merokok berarti juga mengurangi emisi karbon

    http://www.1-duniabaru.blogspot.com

    Posted by bugner ruben | Selasa, Juli 29, 2008, 7:29 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v”
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Follow EIRLANGGA COFFE CORNER on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: