//
you're reading...
Sistem Informasi Geografis dan Sumber Daya Lahan

Dijitasi peta ( map info tutorial )

DIGITASI PETA

KONSEP-KONSEP DIGITASI

Program MapInfo dapat mengenal beberapa jenis file yang dibuat dengan program software lainnya, antara lain:
1. Microsoft Access Database (*.mdb)
2. dBase (*.DBF)
3. Lotus 1-2-3 (*.wk, *.wks, *wk1, *.wk2, *.wk3, *.wk4)
4 Microsoft Excel (*.xls)
5 Workspace (*.wor)
6 Raster Image (*.bmp, *.gif, *.jpeg, *.tiff)
7 ESRI (R) shapefile (*.shp) hanya bisa langsung dibuka pada MapInfo 7, versi sebelumnya harus diconvert dulu di ArcView
8 Delimited ASCII (*.text)
• (* = nama file)
.
Dengan demikian, pengolahan data grafis pada MapInfo dapat diintegrasikan dengan data yang telah dibuat dengan program perangkat lunak (software) komputer lainnya. Ketika MapInfo membuka file yang dikerjakan dengan format lain, program ini otomatis akan membuat file (pada MapInfo dinamakan Table) baru dengan akhiran *.tab. Jika sebuah file non-MapInfo telah dibuka sebelumnya dan ditutup, maka ketika membuka file itu lagi
Akan muncul pertanyaan bahwa file sudah ada (file already exists) dan apakah akan di overwrite atau tidak.
Menu perintah yang ada pada program MapInfo, terdiri atas :
• File: digunakan untuk membuka, menutup Table, Workspace, Save dan Copy Table as, Save Query, Save Workspace, Page setup, Print atau Run MapBasic Program
• Edit: Menu Edit didunakan untuk undo, copy, paste, cut, clear, clear map objects only, reshape dan get info
• Tools: Merupakan menu untuk mempermudah proses digitasi, entri data dan analisis data.
• Objects: merupakan menu yang berhubungan dengan objects yang dibuat dalam program MapInfo
• Query: merupakan menu perintah untuk mendapatkan, memilih data serta melakukan analisis statistika dari data yang ada pada basisdata.
• Table: Menu untuk melakukan update colomn, row, Geocode, create points, import dan export file, maintenance dan manipulasi data raster
• Options: menu perintah untuk manipulasi style dari line, region, simbol, text, serta toolbars dll.
• Map: merupakan menu utama dalam pengelolaan Layer control, pembuatan peta 3 D, peta tematik, memodifikasi peta tematik, membuat legenda peta, merobah tampilan dan skala peta, menyimpan dan menghapus cosmetics layer dan object, seting digitizer, region dan option
• Window: merupakan menu untuk mengelola penampilan jendela kerja
• Help: menu pertolongan untuk lebih memahami referensi fungsi-fungsi dalam program MapInfo.
Sedangkan icon yang terdapat dalam toolbars, biasanya diset secara ‘default’ floating di sebelah kanan atau kiri windows dan bisa dipindahkan ke window sebelah atas dengan cara: klik options pada menu, pilih toolbars dan tandai kotak show serta save secara default atau dihilangkan.

Menu shortcut toolbars terdiri dari: (1) standar, (2) main, (3) drawing dan (4) tools seperti terlihat dalam Gambar 14. Menu shortcut icon standar mempunyai fungsi untuk membuat file baru (new), membuka table (open), menyimpan (save), mencetak (print), memotong (cut), copy, paste, undo, membuat: peta baru (new mapper), grafik baru (new grapher), layout baru, new redistricter new browser dan help.
Icon main berguna untuk mengedit peta dan terdiri atas: select (tanda panah) untuk memilih object yang akan atau telah dibuat untuk analisis dan mengedit sebuah peta, layout atau browser, marquee, radius, boundary, zoom-in, zoom-out, change view, grabber, info, label, layer control, ruler, legend, assign select objects, set target district from map, drag map window, clip region on dan set clip region. Fungsi-fungsi icon ini yang lengkap dapat dibaca di dalam file help menu (Gambar 15).

Digitasi Peta (Drawing)
Sebelum mulai digitasi, perlu diketahui ‘icon’ untuk digitasi yaitu dari toolbars drawing (Menggambar) dibawah ini.

Draw symbol digunakan untuk membuat simbol-simbol pada peta: seperto arah mata angin (tanda panah keatas untuk arah Utara), gambar segitiga untuk gunung, mesjid, tempat rekreasi dll.
Draw line: digunakan untuk digitasi garis yang menghubungi 2 titik
Draw polyline: digitasi garis yang menghubungi banyak titik, gunanya untuk membuat batas administrasi, sungai, jalan dll.
Draw polygon: digitasi area dengan bentuk bebas, yang mempunyai satu kesamaan data
Draw Reshape: memperbaiki bentuk polygon atau polyline yang telah dibuat
Draw Arc: digitasi garis lengkung
Draw Frame: digitasi bingkai (baru aktif dalam keadaan membuat layout peta)
Line style: merobah tampilan garish
Polygon style: merobah tampilan polygon

Catatan:
Setelah selesai membuat satu jenis layer misal: garis batas, garis sungai, jalan, polygon dll, sebaiknya disimpan dalam sebuah table / file baru, agar data spasial tersusun dan terstuktur dengan rapi. Adapun data yang berbentuk text juga dipisahkan dalam table tersendiri. Disarankan untuk membuat nama table yang mudah dimengerti dan sesuai dengan data yang dibuat. Contoh: Sumbar_line.tab : ini adalah file yang berisikan data garis batas: Sumbar_polykab.tab : untuk file polygon dari satu kabupaten.

Jika dalam pembuatan polygon ataupun polyline terdapat kesalahan, maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara: klik tanda panah (pointer), klik objek yang akan diedit, klik icon reshape, akan muncul titik-titik yang banyak didalam polygon/polyline, kemudian dapat dilakukan perbaikan dengan cara menarik garis atau titik yang melenceng itu kearah yang benar. Dalam melakukan reshape, dapat ditambahkan titik-titik digitasi baru dengan cara klik icon add node dan arahkan mouse ke tempat yang diinginkan, ini untuk mempermudah proses reshape.
Untuk merubah tampilan garis, polygon, simbol, text dll, dapat dilakukan dengan klik icon style.

Data dan Informasi Geografi
SIG dapat mengumpulkan dan menyimpan data dan informasi yang diperlukan baik secara tidak langsung dengan cara mentransfer dari perangkat lunak SIG yang lain maupun secara langsung dengan cara mendijitasi data spasialnya dari peta dan memasukkan data atributnya dari tabel-tabel dan laporan dengan menggunakan keyboard.
Secara garis besar ada 3 macam data dalam SIG yaitu:
1. Data Grafis
Data grafis terbagi lagi menjadi (1) data raster adalah semua data digital yang didapatkan dari hasil scanning dan belum dalam format vector, (2) data digital adalah data yang didapat dari hasil digitasi yang telah dilengkapi dengan teks dan data-data atribut lainnya.
2. Data Tabular
Data tabular adalah data-data selain data grafis, yang berupa data pendukung berupa teks, angka, simbol dan lain-lainnya.
3. Data Vektor
Data vektor adalah data-data digital yang telah memiliki referensi koordinat x dan y dan telah dilengkapi dengan data atau informasi objek.
4. Manajemen
Suatu pekerjaan SIG akan berhasil jika di kelola dan di-manage dengan baik dan dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki keahlian yang tepat pada semua tingkatan.

About these ads

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

107 thoughts on “Dijitasi peta ( map info tutorial )

  1. Haloo.
    penjelasan rada dilengkapin lagi y
    kasih tau, gimana caranya mengeksport peta digit dari map info ke arcview 3.3.
    harap bantuan dari km y
    bila perlu, tolong km kirim kan ke email aku
    izzal_medan@yahoo.co.id.
    thank’s

    Trimakasih untuk saran nya .. pertama2 saya ucapkan trimakasih dan salam kenal..

    untuk smentara saya kasih export digit dari map info ke arcGIS/ arcmap.
    caranya :
    dari map info open table yang akan di export
    pada tab tabel pilih export,simpan sebagai *.MIF (map info format)
    kemudaian buka arcgis, open arccatalog.
    pada convertion tool arccatalog pilih konvert dari MIF to SHAPE.
    akan keluar jendela conversion, pada kolom input pilih file MIF tadi dengan syarat tidak ada spasi baik pada nama folder
    maupun pada nama file.

    jika anda menyimpan file yg memiliki spasi sebaiknya anda bekerja mengunakan workdrive (partisi Z).
    pada out put save file yg anda export tadi, pada tipe pilih tipe yg anda ingin kan ( poin. line,poligon) sesuai dari data map info.
    selesai export pilih file SHAPE, tentukan projection dari file yg anda export tadi dengan cara :
    klik kanan pada file SHAPE pilih Proerties kemudaian pada Spatial reference edit. tentukan sendiri projection yg ingin anda gunakan.
    file siap digunakan pada arc map.

    maaf ngk sempat buat GAmbar ( nanti tulisan akan saya Posting secara lengkap di kategori Mapping ).

    Posted by RIZAL | Kamis, April 3, 2008, 2:50 pm
  2. Mas, tolong di lengkapi dengan shortcut nya dong, dan klo ada jangan shortcut standar yg udah ada di Help, seperti shortcut untuk pilih tools Select, hand, zoom in, zoom out, create polilyne dll,
    OK
    thanks dude.

    Posted by Smael | Rabu, Mei 7, 2008, 10:05 am
  3. trimakasih buat kritik nya.. iya mas
    ntar di timapilin dengen gambar tool nya.

    Posted by Eirlangga | Rabu, Mei 7, 2008, 6:52 pm
  4. Hallo,
    terimakasih atas penjabarannya sangat membantu saya untuk lebih mengenal program mapinfo.
    mas saya memiliki koordinat X,Y namun saya ingin merubah menjadi koordinat degree,minute n second(DMS), bagaimana caranya?.

    terimakasih
    ferry

    Posted by ferry | Rabu, Juni 11, 2008, 9:50 am
  5. Mas ferry untuk mengubah koordinat X,Y ke dalam bentuk degree,minute,second mas ferry cukup gunakan fasilitas tool yg ada di map info.
    mas cukup buka tool trus pilih konvert cord, tapi sebelum nya di aktif kan dulu dari tool option nya karena tool itu tersembunyi sehingga apa bila tool convert nya belum di aktifkan ( di ceklist ) maka tool tsb tidak keluar. selamat mencoba kalo blom berhasil saya siap membantu.

    Salam GIS community..

    Posted by Eirlangga | Rabu, Juni 11, 2008, 1:38 pm
  6. Mas, gimana cara mengkomunikasikan databse map info dengan project di vb. dan memanfaatkan database mapinfo untuk membuat tracking posisi di peta. mohon bantuanya ?

    Posted by ferdi | Kamis, Juli 10, 2008, 5:44 am
  7. to ferdi..
    klo untuk traking posisi kmu bisa manfat kan program opensoure nya bawaan GPS trus di masukin ke map info.

    klo dari mapinfo ke GPS nya kmu cukup buat poin2 kordinat di peta yg telah diregister, lalu send to GPS .

    coba aja buka tool2 map info nya, dan pelajari saya yakin kmu bisa.

    Posted by Eirlangga | Kamis, Juli 10, 2008, 4:03 pm
  8. mas gimana caranya biar kita ga usah mendigit satu persatu dari peta raster? karena banyak banget..
    ni aku dapet tugas membuat peta perkebunan, masing2 bidang diisi info2(table2) gitu.
    nah katanya ada softwarenya, yg bagus apa y?

    Posted by dodoy | Jumat, Juli 11, 2008, 12:55 pm
  9. to mas dodoy :
    pke sofware map info ato klo ngak arcGIS.

    ke dua sofware punya kelebihan masing2. tapi saran saya coba pke map info aja dulu.

    Posted by Eirlangga | Jumat, Juli 11, 2008, 4:01 pm
  10. mas,..mo nanya neh…

    aku kan maw import file mapinfo ke arc GIs…
    nah pas export file mapInfo ke MIF file apa ada cara khusus gtu…??? soalnya koq g bis dbuka yah d arcGISku…

    padahal steo di arcGIS dah benr tuh,…

    mohon pencerahannya mas.

    tenkyu

    Posted by tyas | Rabu, Agustus 13, 2008, 7:12 am
  11. maaf bru saya balas..

    untuk import peta dari map info ke argis, itu tidak perlu teknik khusus.

    cuma pengimporan data di lakukan di arcatalog. pilih format MIF.

    trus simpan di folder yang telah mbak siapkan.

    klo juga ngak berhasil solusi nya mbak coba pke interfase yg dibuat dari VB

    yg mana interfase ini bisa membuat partisi bayangan nah nanti file yg mo di import ke arcgis mbak simpan aja ke partisi ini. pasti berhasil koq.

    Posted by Eirlangga | Selasa, Agustus 19, 2008, 3:45 pm
  12. who can manipulate a image raster to GIS map?
    please help…

    Posted by mufid | Kamis, Agustus 28, 2008, 7:56 am
  13. mas, mau tanya. Kalau mengubah warna pada polygon dengan map basic caranya gimana ya mas?

    terimakasih sebelumnya ….

    Posted by januarkistanto | Sabtu, September 6, 2008, 5:36 am
  14. Mas, saya punya satu peta hasil scanning yang tidak saya ketahui koordinatnya, trus saya ingin membaginya dalam beberapa region dan setiap region itu dihubungkan dengan record di tabel *.mdb. Gimana caranya, minta tutorial lengkapnya dong.
    Thank’s b4

    Posted by Erta | Sabtu, September 20, 2008, 3:32 pm
  15. to : ERTA : peta hasil scaning mrupakan data raster yang belum DIGITAL karena belum mempunyai data koordinat.

    mbak dita bisa mengunakan MAP info sebagai sofware dalam mendigitalkan suatu data raster.

    langkah2 nya nanti akan segera saya email kan .

    Posted by Eirlangga | Selasa, Oktober 14, 2008, 2:17 pm
  16. to : ERTA : peta hasil scaning mrupakan data raster yang belum DIGITAL karena belum mempunyai data koordinat.

    mbak dita bisa mengunakan MAP info sebagai sofware dalam mendigitalkan suatu data raster.

    langkah2 nya nanti akan segera saya email kann…

    Posted by Eirlangga | Selasa, Oktober 14, 2008, 2:18 pm
  17. slam kenal. aku mau tanya ni?
    gmn caranya memberikan sistem koordinat (registrasi) menggunakan map info 7.0? tolong d jawab, makasih banyak.

    Posted by WIWID | Sabtu, Oktober 25, 2008, 8:28 am
  18. met kenal,
    aq hadi, belakangan ini sering melihat teman2 gunain program map info n arc view, aq tertarik mo belajar hal tersebut tapi ga tau gmn cara mulainya,… maklum aza selama ini klu mo ngambar cuma suka pake autocad….. :-(
    mas bisa gak kasi aq tutor dasar untuk belajar map info n arc view….
    sebelumnya makasih banyak yaaa….

    Posted by hadi | Jumat, November 14, 2008, 8:53 am
  19. bos, gw rada awam pake mapinfo ato product GIS lainnya karena ga punya basic edukasi cuma pernah sedikit belajar waktu di pecinta alam kampus niy jd mo tanya niy:
    – apakah konversi kordinat bisa lgsung dgn mengubah proyeksi pada GPS ato map info bisa langsung dilakukan dengan mengubah seting formatnya (mis: dari Indonesia 74 ke WGS 84)?
    – punya formula excel ga utk merubah format kordinat dari bentuk decimal ke hddd,mm,ssss ato sebaliknya?
    biar gampang kalo lg tabulasi kordinat ke excel
    – gimana cara memasukkan data kordinat dari format excel ke map info? bisa ga menggunakan kedua format kordinat tsbt?
    – gimana menentukan arah /sudut kompas antar point di map info? kalo jarak kan ada ruller buttonnya

    itu dulu mas, pelan-pelan ni belajarnya hehe..

    best regards
    engkin ;-)

    Posted by engkin | Jumat, November 28, 2008, 12:54 pm
    • to engkin :
      pada umum nya program2 GIS sudah melengkapi fasilitas itu bgitu juga dengan program map info sudah lengkap dengan fitur konvert koordinat, jadi kita tinggal menggunakan nya saja.
      sblemum nya engkin sudah pernah blom menggunakan program itu ???

      klo seandai nya blom tunggu aja posting selanjut nya tentang map infotutorial yg akan saya postingkan segera

      maklum bahan nya blom siap diedit.

      Posted by Eirlangga | Senin, Desember 15, 2008, 4:40 pm
  20. met kenal, hai mas Eirlangga yang baik, aku juga minta tolong dikirimin tutorial mendigitalkan data raster dong via email ku.

    Thank’s bgt y \^_^/

    Posted by adnun | Selasa, Desember 2, 2008, 3:09 pm
  21. angga ciaooooo….

    oh iya buat rekan2 semua tutor export
    data dari MapInfow ke ESRIshape(ArcView/ArcGIS/Arc Lainnya) udah tulis di blog sebelah….

    Tapi dari ESRIShape ke MapINFOW silahkan di tanya disini….

    Posted by Hadinata | Sabtu, Desember 13, 2008, 8:15 am
  22. klo digitasinya pake arcview gmn..??
    tolong donk… klo ada artikelnya kirim ke imel secepatnya…

    Posted by jhon | Senin, Januari 12, 2009, 7:57 am
  23. mau nnya mas…
    saya mo update kolom (join) dari tabel a ke tabel b…tapi kq gak bs ya? Ap krn tabel b ntu format excel tp saya open di mapinfo. Krn kl sesama tabel yg ad mapnya bisa di join. Maaf to enkin anak Mapala Unsri bukan?? Mksh mas eirlangga.

    Posted by anindya | Rabu, Januari 21, 2009, 6:16 am
  24. mas numpang tanya nih….untuk masukkan kordinat melalui excel kedalam map info yang langsung muncul garis poligonnya bagaimana caranya ya….? makasih ya…

    Posted by yuyun | Kamis, Januari 22, 2009, 6:15 pm
  25. mas numpang tanya nih…
    apasih fungsi layer,titik,garis dan poligon yang ada pada mapinfo?

    Posted by anik | Rabu, Februari 11, 2009, 5:38 am
  26. Mas, saya sudah coba konversi degree ke DMS menggunakan converter tool di mapinfo, tapi separator yang tersedia hanya koma, jadi hasilnya tidak memuaskan untuk ditampilkan sebagai label, bagaimana supaya tanda derajat, menit dan detiknya muncul ? Tolong ya mas, terima kasih sebelumnya.

    Posted by edysah | Rabu, Maret 4, 2009, 2:09 pm
    • iya itu merupakan salah satu kekurangan dari converter map info biasa nya saya hanya menghapus angka di blakang drajat nya saja, trus lakukan copy paste dari converter.
      supaya tidak kewalahan dalam menimbulkan simbol drajat ,maka cukup yang di hapus angga nya saja.

      Posted by Eirlangga | Kamis, Maret 12, 2009, 11:53 am
  27. Terima kasih karena mau menanggapi permintaan saya, kemaren karena penasaran akhirnya saya buat sendiri converter sederhana pake’ excel, ya.. cukup membantu jika datanya cukup banyak, kalau ada yang mau email aja ke edyfairus@yahoo.com.

    Posted by edysah | Kamis, Maret 12, 2009, 3:54 pm
  28. Mas, saya punya satu peta hasil scanning yang tidak saya ketahui koordinatnya, trus saya ingin membaginya dalam beberapa region dan setiap region itu dihubungkan dengan record di tabel *.mdb. Gimana caranya, minta tutorial lengkapnya dong. karena udah saya obrak abrik di beberapa fitur service map info atau arcview tetep tidak mau saling link antar table dengan layer grafisnya, tolong ya mas..please………sebelumnya terimakasih banyak yamas, saya doakan banyak reki dan panjang umur..Amin…

    Posted by firman | Sabtu, Maret 14, 2009, 5:23 pm
  29. ko lebih dijelasin lg donk

    rika pengen belajar sendiri dirumah

    lebih detil dari awal cara bikin peta ma map infonya

    thank’s ya koko yang baik

    Posted by RIKA NOFELIA, S.P | Kamis, Maret 19, 2009, 8:18 am
  30. Yth Pak Admin.
    saya mempunyai permasalahan di dalam editing data dari data dxf . Data dxf ini terjadi duplikasi data ( point, line,dan polyline), data ini disimpan dalam format dxf release 12,
    data ini terdiri dari 8 layer menjadi 1 layer

    pertanyaanya :
    1. bagaimana caranya memisahkan dari 1 layer menjadi 6 layer
    2. bagaimana caranya mengedit data yang terduplikasi ??
    tks
    marganda

    Posted by marganda | Rabu, Maret 25, 2009, 4:07 am
  31. Salam kenal,,
    Mas, mau nanya. Saya mau mendigitasi peta tapi di peta tersebut gak ada koordinat bujur ato lintangnya. Kalo peta tersebut tidak diregister akan ngaruh ke pengolahan peta selanjutnya gak??
    Peta tersebut mau saya pake buat webmapping.
    Terima kasih sebelumnya,,

    Posted by Isnaini | Rabu, April 29, 2009, 7:21 am
  32. salam,
    mas saya lagi butuh bantuan nih…
    saya lagi da tugas bwat mengedit peta pada Map Info (saya bener2 belum pernah pegang Map Info nih), peta yang saya punya itu peta Indonesia dimana tabel2nya isinya batas wilayah kabupaten2 di Indonesia..lha yang jadi tugas saya itu nambahin daerah didalam batas2 kabupaten tersebut..mksdnya nambahin tabel yang isinya kabupaten2 di Indonesia. gimana ya Mas Caranya? dan gimana caranya biar klo kita sorot wilayah tersebut pke mouse nanti akan tampil nama daerah/kabupate tersebut
    ..?
    terima kasih atas bantuannya..
    klo bisa tolong ya jawabanyya juga dikirim ke email saya

    Posted by rianirvayanti | Selasa, Mei 5, 2009, 10:51 am
    • peta nya Indonesia nya kan udah di register kan ??
      cara nya klik kanan pilih layer option trus conteng semua kolom2 yang di nama table.
      trus untuk menampilkan ketika mouse berada pada daerah itu tinggal klik Informasion ( tanda I yang ada di tool )

      Posted by Eirlangga | Senin, Mei 18, 2009, 7:59 am
  33. mas numpang tanya nih….untuk masukkan kordinat melalui excel kedalam map info yang langsung muncul garis poligonnya bagaimana caranya ya….? makasih ya…

    Posted by nuno | Selasa, Mei 12, 2009, 4:17 am
    • untuk Glen dan nuno kalo dari exel hanya bisa membentuk titik dan tidak bisa membuat poligon, sarat nya pindah kan kordinat ke dalam bentuk desimal buat kolom X untuk BT dan buat kolom Y untuk LS trus disimpan dlm bentk exel, buka di amp info pilih menu creat poin lalu ambil kordinat yang di simpan didlm exel trus ok.
      Syarat nya harus di overlay dengan peta dasar yang sudah di register.

      Posted by Eirlangga | Senin, Mei 18, 2009, 7:56 am
  34. met kenal mas!! aq mw nanya dikit mengenai mapnfo nih,,, gimana cara memploting koordinat dlm bentuk titik kedalam mapinfo dari tabel Ms Excel

    Posted by Glenn | Jumat, Mei 15, 2009, 5:24 am
  35. massssssss bantuin AQ dong..

    Posted by eka | Selasa, Juni 2, 2009, 2:03 pm
  36. Salam kenal…

    Posted by Zery | Kamis, Juni 18, 2009, 12:19 am
  37. mas eirlangga, ….tolong riz don dikirimin tutoprial untuk membuat data digital dari data raster (hasil scan)……

    trim’s sebelumnya

    Posted by rizka | Selasa, September 22, 2009, 12:43 am
  38. syalomm….
    mas eirlangga….
    gmn cara menindahkan data dari gps ke map info??????
    mohon petunjuknya

    Posted by john patulak | Senin, Oktober 19, 2009, 10:22 am
  39. salom juga.. buka map info nya trus cari converter data lalu cari data yg mau di pindah kan ke map info. biasa na tipe data mapsource itu dalam format *.shp
    setelah dikonvert ke mapinfo menjadi *.Tab

    selamat mencoba.

    Posted by Eirlangga | Kamis, Oktober 22, 2009, 4:29 pm
  40. syalomm… mas eirlangga
    converter itu di bagian mana di mapinfo???

    gini masalahnya mas, aq dari lapangan mengukur dengan menggunakan gps garmin trus aq mau pindahkan hasil pengukuranx dengan menggunakan kabel datanya langsung ke mapinfo (mw liat track dan waypointnya) di dalam mapinfo????
    truss hasil pengukuran gps garmin itu (track dan waypointnya) aq mengolahnya di dalam mapsource trus aq mw simpan dalam format apa???format2 di dalam mapsource itu (*.gdb), (*.mps),(*.txt),(*dxf).(*gpx) mana yang harus aq pakai???karna data dari mapsource itu aq mau mengolahnya lagi kedalam mapinfo???trus gmn cara memindahkan data dari mapsource ke mapinfo????

    mohon petunjuknya dan bimbingannya mas eirlangga
    maaf kalo pertanyaannya agak berbelit2,soalnya saya sudah bingung gmn caranya mas……
    thank’s b4…GBU

    Posted by john patulak | Jumat, Oktober 23, 2009, 11:39 am
  41. Ada yg punya info lowongan kerja untuk topographyc LiDAR dan TLS data processing gak ya?

    Posted by Marvan Lamato | Kamis, Desember 3, 2009, 9:26 am
  42. mas, minta tlg gmn caranya mengedit peta yang saya import dari DXF. disitu terdapat garis polyline namun tidak dapat diedit. tlg krm ke imel saya secepatnya, thx….

    Posted by isrofi | Kamis, Desember 24, 2009, 7:39 am
  43. salam kenal…minta tolong gimana cara medigitasi dari file jpg ke DXF atau ke GPS…untuk dipindahkan ke GPS….toleng ye kalau bisa di kirim ke alamat email aku “you_lizz.surv@rocketmail.com

    Posted by Yudhi | Jumat, Januari 22, 2010, 3:13 am
  44. salam kenal, tlg dikasih tahu ya cara bikin peta pake map info yang datanya dari kordinat GPS. Makasih

    Posted by ratih | Selasa, Februari 2, 2010, 6:47 am
  45. bro, gue mau nanya nih,,,,!!!
    gue pake map info 10, tapi gue pengin gridnya menyerupai grid di arcgis 9.3, bisa gak bro, dengan kata lain koordinat di layoutnya diluar dari frame peta, kalau bisa tolong kirim ke email gue ya bro, thanx berat sebelumnya….

    Posted by Rendi | Kamis, Februari 4, 2010, 11:08 am
  46. mas, mo tanya cara rubah format dwg atau dxf ke gdb gimana ya???
    ke email aj ya……..butuh banget neee…..
    mksih banyak sblumnya

    Posted by bingbeng | Minggu, Februari 14, 2010, 9:40 am
  47. salam kenal ya,bisa minta tolong,,..ni lg buat peta dngn arcview,,,,,trus data yang kami ambil tuh dr bentuk peta yg kami scanner,,,tpi luasnya gk sama dengan luas yg aslinya,,,,,itu kenapa ya?trus kesalahan tu dimana aja?dan mencari solusi kesalahn tersebut gimana?balas

    Posted by dicha | Rabu, Maret 17, 2010, 5:25 am
  48. mas, salam kenal
    saya punya file tif gimana ya cara nge rasternya ke map info…….?
    terima kasih

    Posted by rian | Jumat, April 16, 2010, 9:01 am
  49. mas adakah program mapinfo yng bisa didownlod?kira perlu extensionnya nggak?

    Posted by awi | Rabu, April 21, 2010, 10:32 am
  50. salam kenal..
    saya baru coba konversi data mapinfo ke arcgis (shapefile)..
    kok g ada ya pilihan pada arckatalog untuk mengkonversi MIF to SHP seperti yang dituliskan diatas??
    mohon penjelasannya..
    terimakasi

    Posted by rina | Sabtu, Mei 1, 2010, 3:53 am
  51. mas punya tuturial map info saya kebetulan lagi tertarik dengan GIS ..awal langkah saya ingi belajar digitasi sampai pencetakan peta..tks

    Posted by yudigoler | Jumat, Mei 21, 2010, 10:04 am
  52. Met kenal smua… bro aku nyari tutorial autocad utk aplikasi pembuatan peta 2 atau 3d.. tp blm jg dpt… mohon bantuannya bagi rekan2 yang mempunyai tutorial tersebut bs dikirim ke alamat email : tncahyono@yahoo.com.

    Tks..

    Posted by Three | Selasa, Juni 1, 2010, 2:40 am
  53. salam kenal.
    mas,saya mau digitasi peta hasil scan (file bentuk .bmp) gimana caranya?paling mudah pake arcgis atau mapinfo.
    tolong tutorialnya ke email saya.
    makasih banyak mas.

    Posted by reef2202 | Minggu, Juni 6, 2010, 12:56 am
  54. Tlg Dong,,gmn caray dijitan file autocad di confert ke Map info,,

    Posted by Habibi | Rabu, Juni 9, 2010, 9:18 am
  55. kakean omong.. ra ono isine!!!

    Posted by L | Senin, Juni 14, 2010, 2:35 pm
  56. thnx bwt info’y..

    bisa lebih detail gimana cara bikin kontur???

    Posted by Fey | Jumat, Juni 18, 2010, 12:16 pm
  57. mas mohon bantuannya ya.. kalo saya cuma punya raster image,bagaimana langkah-langkah menentukan koordinatnya dengan bantuan map info 7?
    makasih bantuannya ya mas

    Posted by kaka | Selasa, Oktober 19, 2010, 1:54 pm
  58. lam kenal y bang…

    sebelum’a kita jg dah kenal,kan 1 jurusan…

    salam soil z dech bang..

    Posted by putri ningsih | Sabtu, November 13, 2010, 9:18 pm
  59. bang,tuk mendapatkan peta topografi dari suatu wlayah yg kita inginkan t dari mn bang?

    supaya bs d kelolah d map info…

    makaci y bang atas info’a…

    Posted by putri ningsih | Sabtu, November 13, 2010, 9:32 pm
  60. mas, kbtulan sya sdang belajar menggunakan map info 7.5, sya sedang melakukan proses register peta bt di digtasi, sya sedang kesulitan untuk mendapatkan titik koordinatx, ap bsa menggunakan google earth mhon tutorialx mas…

    andrew_arianto@yahoo.co.id

    Posted by andre | Rabu, Desember 1, 2010, 11:58 pm
  61. Mas Gmna Cara memindahkan File (Format) dari mapsource ke mapinfo dan ke excel–>

    trim’s sblumnya..

    Posted by herie | Senin, Februari 7, 2011, 7:57 am
  62. kenapa data tracking dari GPS Garmin 76CSx yg saya gunakan ketika saya transfer ke map source kemudian di “save as” menjadi file DXF gak bisa dibuka dengan Autocad 2007???
    mohon share ilmunya, soalnya tracked map yg saya buat perlu saya edit lagi lewat Autocad 2007 (karena kompie kantor saya cmn mampu menggunakan Autocad 2007…harusnya mungkin dgn versi yag lebih baru)…

    trims sebelumnya bro…

    Posted by ughiee | Selasa, Februari 8, 2011, 11:28 am
  63. maaf mas bisa dibantu untuk kirim tutorial tentang mapinfo untuk ploting dengan gps mahon bantuanya mas untuk referensi pkl
    terima kasih

    zerro_ega@yahoo.com

    Posted by ega | Jumat, Februari 11, 2011, 12:26 am
  64. aww mas………… mau naya nih, kalo peta tematik masih bisa di ploting koordinat ya? gimana caranya ya mas….. mohon bantuannya n semoga ilmunya barokah :-) , trims.

    Posted by uky | Selasa, April 19, 2011, 1:20 am
  65. mas eirlangga, slma ini sy cari2 cara generate koordinat sudut kiri atas-kanan bawah untuk banyak polygon agar bs lgs masuk di tabel attribute…sy cari di arcgis smpe skrg blm bisa nemu, apakah mapinfo punya fitur untuk melakukan hal tersebut? trims sblmnya

    Posted by dani | Rabu, April 20, 2011, 8:15 am
  66. mas…say mo nanya nih…bagaimana caranya buka file autocad ke map info….saya udah coba tapi petanya ga mau muncul hanya garisnya aja…tolong mas untuk penjelasannya..thanks

    Posted by sucipto | Kamis, April 21, 2011, 4:44 am
  67. maaf mas sy ingin bertanya .
    Saya orang awam mengenai GIS.saya sedang melakukan penelitian untuk Tugas akhir saya yang berkaitan dengan
    GIS. Penelitian saya ttg identifikasi tuplah dengan menggunakan citra ALOS
    PALSAR 12,5 meter slope-corrected.
    saya mengalami kesulitan karena citra ALOS PALSAR yg sy miliki belum
    ortho-rectifikasi, yg ingin saya tanyakan bagaimana cara mengorto-rectifikasi
    Citra ALOS PALSAR ? saya pernah mencoba dengan menggunaka ENVI 4.5 , namun
    diminta RPC file nya yg sy tdk punya, jika menggunakan ERDAS IMAGINE
    ORTHO-Radar, menurut tutorial dr sebuah sumber , itu tdk dapat di pergunakan
    (incomplete).
    Adakah cara termudah untuk megorthorectifikasi citra ALOS PALSAR 12,5 meter yang
    saya punya agar saya dapat menyelesaikan Tugas akhir saya dengan baik?
    terimakasih banyak….

    Posted by ade | Jumat, April 22, 2011, 6:12 am
  68. hay..salam kenal dr Alex,mw nanya nie.Beli buku mapinfo dimana y?soalnya udh berburu di toko buku gramedia ga dpet2 jg.mts inform’y y….
    Thank’s

    Posted by Alex | Rabu, Agustus 10, 2011, 8:57 am
  69. halo mas salam kenal
    saya mau nanya apa perbedaan mapinfo dan arcgis
    mas tolong jelasin kelebihan dan kekurangannya. tx

    dewa putu

    Posted by d putu | Sabtu, Oktober 1, 2011, 10:04 am
  70. salam kenal to mas Eirlangga.mau tanya mas? gmana langkah-2 utk membuat titik kordinat pada peta hasil scan d mapinfo, dan type apa, with berapa utk digitasi, bidang,jalan, sungai DLL (new table sturcture).maklum aja mas, saya baru belajar d mapinfo ini.tks

    Posted by karyadi | Rabu, Februari 1, 2012, 3:04 pm
    • untuk membuat titik koordinat pada peta hasil scan yg perlu dibutuhkan adalah :
      1. apakah peta scan mempunyai koordinat ? kalo ada itu sangat mempermudah.. kamu hanya butuh minimal 3 titik kordinay (x,y) yg mana itu berada pada ujung2 peta. lalu kamu register peta nya dengan cara..
      a. open file–> pilih ganti tipe data extention file of type nya yg raster image. lalu pilih register
      b. ubah koordinat yg telah kita pilih tadi menjadi desimal. kalo binggung bisa menggunakan converter map info — pilih tool–> tool maneger–degree converter (centang) maka nanti akan muncul di barisan paling bawah tool. lalu pilih type yg mau diubah.
      c. setelah dapat coordinat desimal maka registerkan dengan meng add koordinat.. masukan koordinat (x,y) tetapi jangan lupa menganti system koordinat nya dengan longitut latitud wgs 84.
      d. setelah semua selesai apa bila berhasi meregister maka hasil error yg muncul adalah 0.
      e. selesai. dan mulai mendigitasi.
      Untuk with nya kalo jalan utama saya pakai 2 pixel dan warna merah. selebih nya pakai pixel 1
      semoga bisa membantu :)

      Posted by Eirlangga | Rabu, April 18, 2012, 4:34 pm
  71. Salam kenal mas , saya sangat tertarik untuk belajar map info . bisa minta tolong di emailkan ke saya tutorial map info dari setingan awal nya sampai pencetakan dari printernya . terimakasih mas

    Posted by Inen | Kamis, Februari 9, 2012, 2:45 am
  72. Salam Mas,mas Bagiaman Cara Konvert dari global mapper ke mapsorce

    Posted by budhi | Rabu, Februari 15, 2012, 2:36 am
  73. mas, gimana sih cara memasukkan data kontur dari ms excel ke mapinfo? untuk buat peta kontur. trimakasih

    Posted by suprianto | Minggu, Maret 11, 2012, 9:10 am
  74. Mas Eirlangga Gmn Ya caranya Mengatur Skala Peta Di Mapinfo???
    misalnya 1:5,000 diganti dengan 1:2,500,000

    terima Kasih

    Posted by Oktavia | Kamis, Maret 29, 2012, 5:28 am
    • sebenarnya dalam map info memang kadang kala kita disulitkan dalam mengganti skala yg kita inginkan pada lay out. untuk mengganti skalanya
      terutama kita harus memperhatikan :
      1. apakah satuan system unit sudah dalam cm,m dan Hectare (klik tab preference –> sytem Seting –> Unit.
      2. pada tab “map –> Option –> map unit ubah satuan menjadi degre,m,hectar.

      setelah itu pada layar mapinfo khususnya peta yg telah siap anda digitasi di restor Down dengan mengklik tanda petak yg berada ditengah-tengah (-)..(x)
      klik kanan di peta — pilih Change view,maka anda akan menemukan map scale. disini dibutuhkan pengetahuan dalam pengartian skala. misal anda ingin menjadikan peta anda berskala 1 : 50000, maka pada map scale anda isi dengan (1 cm = 500 m).
      apa bila sudah selesai dgn skala yg di iginkan, maka layar (*bukan Layer ) jangan di ubah2. karna akan mempengaruhi skala.
      dan jika layar peta terganggu maka ulangi langkah diatas.
      Semoga bisa membantu.. Terimasihm

      Posted by Eirlangga | Rabu, April 18, 2012, 4:09 pm
  75. Mas, saya kesulitan ini saya punya peta hasil scaning yang belum mempunyai data koordinat.
    Bagaimana caranya untuk membuat data koordinat tersebut dan pake software apa?
    Mapinfo atau Arcview mna yg lebih mudah digunakan.
    Bisa minta tutorialnya.
    Thank’s mas

    Posted by vieani@adekkecil | Sabtu, Juli 21, 2012, 3:59 am
  76. Mas mau nanya,saya udah bisa baca peta mapinfo dengan vb6, tapi informasi koordinat x,y nya ngak muncul. Gimana cara menampilkan posisi x,Y (lat long) yang ada di peta mapinfo bisa kebaca dengan vb? makasih

    Posted by harwid | Sabtu, Oktober 6, 2012, 6:14 am
  77. mas, saya mau tanya..
    apa kelebihan dan kelemahan dari map info dibandingkan arc view ato arc gis…
    dan kmrin saya coba2 buka map info, ketika saya mau import data excel ke dalam map info,, data excelnya tidak nampak ketika mw di buka,, itu knp yaa kira2???
    mohon pencerahannya
    thank’s

    Posted by saing | Senin, Januari 7, 2013, 11:38 am
    • dalam hal program pemetaan.. mapinfodan arcgis sama2 mempunyai kelebihandan kekurangan nya masing2.. tergantung dari konteks kemudahan memahami program tersebut…
      menurut saya mapinfo adalah basic dalam mempelajari program pemetaan sedangkan arcgis kita bisa menganalisa data spatial sesuai dengan kebutuhan atas tujuan yg kita rencanakan dengan menampilkan tampilan 3D.

      Posted by Eirlangga | Kamis, Maret 21, 2013, 10:02 am
  78. Mas, mau nanya. Bagaimana cara membuat peta kontur (garis ketinggian) dari peta kontur raster. Bisa nggak menggunakan Mapinfo atau arcview. Trimakasih sebelumnya

    Posted by budi | Jumat, Februari 8, 2013, 9:07 am
    • maaf baru sempat dibalas..sangat bisa sekali.. dengan syarat :
      1. peta kontur raster mempunyai grid dan koordinat yg jelas
      2. dengan ada nya grid dan koordinat maka kita bisa meregistrasi atau merektifikasi ulang peta kontur raster tsb.
      3. setelah poin 1,2 terpenuhi maka kita mulai medigitasi dengan mengunakan mapinfo or arcview dll.

      Posted by Eirlangga | Kamis, Maret 21, 2013, 9:52 am
    • oww bisa banget…kamu tinggal digitasi aja peta raster nya dgn syarat peta raster tersebut punya grid dan koordinat.. nah kamu bisa rektifikasi koordinat tersebut untuk bisa terbaca di map info or arcgis .. nah baru lah mulai mendijitasi garis kountur yg ada di peta raster tersebut

      Posted by Eirlangga | Rabu, Oktober 16, 2013, 6:09 pm
  79. saya punya data poin,,,nah saya mau tanya bagaimana cara membuat polyline menggunakan arcview 3.3

    Posted by Arianto | Sabtu, Maret 16, 2013, 7:38 am
  80. The coffee maker will a strong essential role of numerous kitchens and of numerous mornings!
    You will definitely want in order to maintain your very own coffee maker clean to ensure that it in order to
    make the freshest coffee for the everyday enjoyment. for
    hundreds of years past and because recently once the early 20th
    century, it had been typical training to add ground coffee in order to drinking water as part of a saucepan, bring it in order to a cook allowing the coffee to permeate water, .

    Posted by Marshall | Jumat, April 19, 2013, 9:13 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya.

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v” Watasi no namaewa Eirlangga desu. Doctor wa yumeda kara .

RSS GIS FORUM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My GALERY

Tree love

tes warna tanah  dgn munshel

bor mineral by cipta

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: