//
you're reading...
Geomorfologi dan Lingkungan

Pembagian Iklim Di Indonesia

Pembagian Iklim
Tentunya Anda masih ingat apa yang dimaksud dengan iklim. Coba sebutkan kembali pengertian iklim! Iklim di suatu daerah berkaitan erat dengan letak garis lintang dan ketinggiannya di muka bumi. Berdasarkan letak garis lintang dan ketinggian tersebut, maka iklim dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklim matahari dan iklim fisis.

a.

Iklim Matahari
Iklim matahari didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Pembagiannya dapat Anda perhatikan pada gambar 24 berikut.

Gambar 22: Pembagian daerah iklim matahari

Untuk lebih memperdalam pemahaman tentang pembagian iklim matahari tersebut di atas dapat Anda pelajari pada uraian berikut.

1)
Iklim Tropis
Iklim tropis terletak antara 0° – 231/2° LU/LS dan hampir 40 % dari permukaan bumi.

Ciri-ciri iklim tropis adalah sebagai berikut: Suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Umumnya suhu udara antara 20- 23°C. Bahkan di beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C.

  • Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil. Di kwatulistiwa antara 1 – 5°C, sedangkan ampitudo hariannya lebih besar.
  • Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.
  • Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.

2)

Iklim Sub Tropis
Iklim sub tropis terletak antara 231/2° – 40°LU/LS. Daerah ini merupakan peralihan antara iklim tropis dan iklim sedang.

Ciri-ciri iklim sub tropis adalah sebagai berikut:

  • Batas yang tegas tidak dapat ditentukan dan merupakan daerah peralihan dari daerah iklim tropis ke iklim sedang.
  • Terdapat empat musim, yaitu musim panas, dingin, gugur, dan semi. Tetapi musim dingin pada iklim ini tidak terlalu dingin. Begitu pula dengan musim panas tidak terlalu panas.
  • Suhu sepanjang tahun menyenangkan. Maksudnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  • Daerah sub tropis yang musim hujannya jatuh pada musim dingin dan musim panasnya kering disebut daerah iklim Mediterania, dan jika hujan jatuh pada musim panas dan musim dinginnya kering disebut daerah iklim Tiongkok.

3)

Iklim Sedang
Iklim sedang terletak antara 40°- 661/2° LU/LS. Ciri-ciri iklim sedang adalah sebagai berikut:

  • Banyak terdapat gerakan-gerakan udara siklonal, tekanan udara yang sering berubah-ubah, arah angin yang bertiup berubah-ubah tidak menentu, dan sering terjadi badai secara tiba-tiba.
  • Amplitudo suhu tahunan lebih besar dan amplitudo suhu harian lebih kecil dibandingkan dengan yang terdapat pada daerah iklim tropis.
4)

Iklim Dingin (Kutub)
Iklim dingin terdapat di daerah kutub. Oleh sebab itu iklim ini disebut pula sebagai iklim kutub. Iklim dingin dapat dibagi dua, yaitu iklim tundra dan iklim es.
Ciri-ciri iklim tundra adalah sebagai berikut:

  • Musim dingin berlangsung lama
  • Musim panas yang sejuk berlangsung singkat.
  • Udaranya kering.
  • Tanahnya selalu membeku sepanjang tahun.
  • Di musim dingin tanah ditutupi es dan salju.
  • Di musim panas banyak terbentuk rawa yang luas akibat mencairnya es di permukaan tanah.
  • Vegetasinya jenis lumut-lumutan dan semak-semak.
  • Wilayahnya meliputi: Amerika utara, pulau-pulau di utara Kanada, pantai selatan Greenland, dan pantai utara Siberia.

Sedangkan ciri-ciri iklim es atau iklim kutub adalah sebagai berikut:
• Suhu terus-menerus rendah sekali sehingga terdapat salju abadi.
• Wilayahnya meliputi: kutub utara, yaitu Greenland (tanah hijau) dan Antartika di kutub selatan.

b.

Iklim Fisis
Apa yang dimaksud dengan iklim fisis. Iklim fisis adalah menurut keadaan atau fakta sesungguhnya di suatu wilayah muka bumi sebagai hasil pengaruh lingkungan alam yang terdapat di wilayah tersebut. Misalnya, pengaruh lautan, daratan yang luas, relief muka bumi, angin, dan curah hujan.

Iklim fisis dapat dibedakan menjadi iklim laut, iklim darat, iklim dataran tinggi, iklim gunung/pegunungan dan iklim musim (muson).

1) Iklim laut (Maritim)
Iklim laut berada di daerah (1) tropis dan sub tropis; dan (2) daerah sedang. Keadaan iklim di kedua daerah tersebut sangat berbeda.

Ciri iklim laut di daerah tropis dan sub tropis sampai garis lintang 40°, adalah sebagai berikut:
a) Suhu rata-rata tahunan rendah;
b) Amplitudo suhu harian rendah/kecil;
c) Banyak awan, dan
d) Sering hujan lebat disertai badai.

Ciri-ciri iklim laut di daerah sedang, yaitu sebagai berikut:
a) Amplituda suhu harian dan tahunan kecil;
b) Banyak awan;
c) Banyak hujan di musim dingin dan umumnya hujan rintik-rintik;
d) Pergantian antara musim panas dan dingin terjadi tidak mendadak dan tiba-tiba.

2)

Iklim Darat (Kontinen)
Iklim darat dibedakan di daerah tropis dan sub tropis, dan di daerah sedang. Ciri-ciri iklim darat di daerah tropis dan sub tropis sampai lintang 40(, yaitu sebagai berikut:
a) Amplitudo suhu harian sangat besar sedang tahunannya kecil; dan
b) Curah hujan sedikit dengan waktu hujan sebentar disertai taufan.

Ciri iklim darat di daerah sedang, yaitu sebagai berikut:
a) Amplitudo suhu tahunan besar;
b) Suhu rata-rata pada musim panas cukup tinggi dan pada musim dingin rendah; dan
c) Curah hujan sangat sedikit dan jatuh pada musim panas.

3)

Iklim Dataran Tinggi
Iklim ini terdapat di dataran tinggi dengan ciri-ciri, adalah sebagai berikut:
a) Amplitudo suhu harian dan tahunan besar;
b) Udara kering,
c) Lengas (kelembaban udara) nisbi sangat rendah; dan
d) Jarang turun hujan.

4)

Iklim Gunung
Iklim gunung terdapat di dataran tinggi, seperti di Tibet dan Dekan. Ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut:
a) Amplitudo suhu lebih kecil dibandingkan iklim dataran tinggi;
b) Terdapat di daerah sedang;
c) Amplitudo suhu harian dan tahunan kecil;
d) Hujan banyak jatuh di lereng bagian depan dan sedikit di daerah bayangan hujan;
e) Kadang banyak turun salju.

5)

Iklim Musim (Muson)
Iklim ini terdapat di daerah yang dilalui iklim musim yang berganti setiap setengah tahun. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
a) Setengah tahun bertiup angin laut yang basah dan menimbulkan hujan;
b) Setengah tahun berikutnya bertiup angin barat yang kering dan akan menimbulkan musim kemarau.

Selain pembagian iklim menurut letak garis lintang dan ketinggian tempat, berikut ini akan diuraikan tentang pembagian iklim menurut beberapa para ahli antara lain:

a.

Pembagian Iklim Menurut Dr. Wladimir Koppen
Pada tahun 1918 Dr Wladimir Koppen (ahli ilmu iklim dari Jerman) membuat klasifikasi iklim seluruh dunia berdasarkan suhu dan kelembaban udara. Kedua unsur iklim tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap permukaan bumi dan kehidupan di atasnya. Berdasarkan ketentuan itu Koppen membagi iklim dalam lima daerah iklim pokok. Masing-masing daerah iklim diberi simbol A, B, C, D, dan E.

  1. Iklim A atau iklim tropis. Cirinya adalah sebagai berikut:
    • suhu rata-rata bulanan tidak kurang dari 18°C,
    • suhu rata-rata tahunan 20°C-25°C,
    • curah hujan rata-rata lebih dari 70 cm/tahun, dan
    • tumbuhan yang tumbuh beraneka ragam.
  2. Iklim B atau iklim gurun tropis atau iklim kering, dengan ciri sebagai berikut:
    • Terdapat di daerah gurun dan daerah semiarid (steppa);
    • Curah hujan terendah kurang dari 25,4/tahun, dan penguapan besar;
  3. Iklim C atau iklim sedang. Ciri-cirinya adalah suhu rata-rata bulan terdingin antara 18° sampai -3°C.
  4. Iklim D atau iklim salju atau microthermal. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut: Rata-rata bulan terpanas lebih dari 10°C, sedangkan suhu rata-rata bulan terdingin kurang dari – 3°C.
  5. Iklim E atau iklim kutub . Cirinya yaitu terdapat di daerah Artik dan Antartika, suhu tidak pernah lebih dari 10°C, sedangkan suhu rata-rata bulan terdingin kurang dari – 3°C.

Dari kelima daerah iklim tersebut sebagai variasinya diperinci lagi menjadi beberapa macam iklim, yaitu:

  1. Daerah iklim A, terbagi menjadi empat macam iklim, yaitu sebagai berikut:
    (1) Af = Iklim panas hujan tropis.
    (2) As = Iklim savana dengan musim panas kering.
    (3) Aw = Iklim savana dengan musim dingin kering.
    (4) Am = Iklim antaranya, musim kering hanya sebentar.
  2. Daerah iklim B, terbagi menjadi dua macam iklim, yaitu:
    (1) Bs = Iklim steppa, merupakan peralihan dari iklim gurun (BW) dan iklim lembab dari iklim A, C, dan D.
    (2) BW = Iklim gurun.
  3. Daerah iklim C, terbagi menjadi tiga macam iklim, yaitu:
    (1) Cs = Iklim sedang (laut) dengan musim panas yang kering atau iklim lembab agak panas kering.
    (2) Cw = Iklim sedang (laut) dengan musim dingin yang kering atau iklim lembab dan sejuk.
    (3) Cf = Iklim sedang (darat) dengan hujan pada semua bulan.
  4. Daerah iklim D, terbagi dua macam iklim, yaitu:
    (1) Dw = Iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang kering.
    (2) Df = Iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang lembab.
  5. Daerah iklim E, terbagi menjadi 2 macam iklim, yaitu:
    (1) ET = Iklim tundra, temperatur bulan terpanas antara 0( sampai 10(C.
    (2) Ef = Iklim salju , iklim dimana terdapat es abadi.

Perlu Anda ketahui bahwa menurut Koppen di Indonesia terdapat tipe-tipe iklim Af, Aw, Am, C, dan D.

Af dan Am
=

terdapat di daerah Indonesia bagian barat, tengah, dan utara, seperti Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi Utara.

Aw
=

terdapat di Indonesia yang letaknya dekat dengan benua Australia seperti daerah-daerah di Nusa Tenggara, Kepulauan Aru, dan Irian Jaya pantai selatan.

C
=

terdapat di hutan-hutan daerah pegunungan.

D
=

terdapat di pegunungan salju Irian Jaya.

b.

Pembagian Iklim Menurut F. Junghuhn
Berdasarkan hasil penyelidikan Junghuhn pembagian daerah iklim di Jawa ditetapkan secara vertikal sesuai dengan kehidupan tumbuh-tumbuhan. Perhatikan pada gambar di bawah ini.

Gambar 25: Pembagian iklim menurut Junghuhn

Menurut Junghuhn pembagian daerah iklim dapat dibedakan sebagai berikut

  1. Daerah panas/tropis
    Tinggi tempat antara 0 – 600 m dari permukaan laut. Suhu 26,3° – 22°C. Tanamannya seperti padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa, dan cokelat.
  2. Daerah sedang
    Tinggi tempat 600 – 1500 m dari permukaan laut. Suhu 22° -17,1°C. Tanamannya seperti padi, tembakau, teh, kopi, cokelat, kina, dan sayur-sayuran.
  3. Daerah sejuk
    Tinggi tempat 1500 – 2500 m dari permukaan laut. Suhu 17,1° – 11,1°C. Tanamannya seperti teh, kopi, kina, dan sayur-sayuran.
  4. Daerah dingin
    Tinggi tempat lebih dari 2500 m dari permukaan laut. Suhu 11,1° – 6,2°C. Tanamannya tidak ada tanaman budidaya.
c.

Pembagian Iklim Menurut Mohr
Mohr membagi iklim berdasarkan curah hujan yang sampai ke permukaan bumi, yaitu menjadi tiga golongan sebagai berikut:

  1. Bulan kering (BK), yaitu jumlah rata-rata curah hujan dalam bulan tersebut kurang dari 60 mm.
  2. Bulan sedang (BS, yaitu jumlah rata-rata curah hujan dalam bulan tersebut berkisar antara 60 – 90 mm.
  3. Bulan basah (BB), yaitu jumlah rata-rata curah hujan dalam bulan tersebut 100 mm ke atas.

d.
  1. Bulan kering (BK), yaitu curah hujan yang sampai ke permukaan bumi kurang dari 60 mm.
  2. Bulan basah (BB), yaitu curah hujan yang sampai kepermukaan bumi lebih dari 60 mm.

sumber : http://www.e-dukasi.net/mol/mo_full.php?moid=138&fname=geo109_13.htm

About these ads

About Eirlangga

Nama : Eirlangga Status : mahasiswa. kampung halaman : JAmbi

Diskusi

58 thoughts on “Pembagian Iklim Di Indonesia

  1. it’s very usefull to me…

    Posted by kakka | Jumat, Januari 23, 2009, 1:34 pm
  2. Terima kasih infonya hari ini aku pas dapat tugas nyari perbedaan iklim ternyata komplet. Terima kasih.

    Posted by muh dayin | Jumat, Februari 6, 2009, 5:36 am
  3. Kok ngak keluar,sih?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    Posted by Nde | Jumat, Maret 27, 2009, 10:17 am
  4. makasih ya taz infonya aq jd lbh tau…
    and tgaz aq siap

    Posted by fitri | Selasa, Mei 26, 2009, 1:08 pm
  5. peta pembagian seperti peta pulau jawa bali gitu lho jadi jelas dan mudaH dipelajari anak anak!

    Posted by wahyudi | Minggu, September 6, 2009, 1:46 am
  6. Thank’s atas ilmunya berguna bget untuk saya

    Posted by Rama Ramzhani | Senin, November 9, 2009, 12:17 pm
  7. Bukux handoko ko’ ga ad.

    Posted by Jumardhan | Selasa, Desember 15, 2009, 5:57 am
  8. makasih ya berguna banget buat gue..

    Posted by Farabi Muh | Kamis, Januari 21, 2010, 2:13 pm
  9. makasi yah berkat itu PR aku dah selesai

    Posted by rizky | Selasa, Maret 30, 2010, 1:31 pm
  10. muantap…….pelajarnya,muantap isinya!!! BERGUNA banget niy…Thanks..!!! :D

    Posted by Dhimas Wahid Lugyta | Minggu, April 4, 2010, 11:30 am
  11. wah terimakasih lengkap sekali
    tugas saya jadi tertolong

    Posted by suk | Selasa, April 6, 2010, 5:25 am
  12. makasih atas infonya y!!! jadi bs nyelesain tgs tanpa mengetik deh m lengkap bgt nih

    Posted by qoqome manize de bello | Senin, Mei 31, 2010, 6:56 am
  13. terimakasih atas info mengenai iklim. Berarti iklim tidak sama dengan cuaca ya ?

    Posted by sanggam tobing | Kamis, Juni 10, 2010, 4:00 pm
  14. banyak banget ilmu yang i dpt d sn

    Posted by puterimasri | Minggu, Juli 25, 2010, 8:02 am
  15. wew my fathers name are here (koppen)

    Posted by Mark | Rabu, Agustus 11, 2010, 6:28 am
  16. Asslkm, Jazakallah atas Infonya bang tapi bang kok pembagian iklim munurut scmidth kok ngakk ada yaaaa, kasi tau dong bangg biar mantaaaaaaaaaaaap. was

    Posted by benny hidayat | Rabu, November 24, 2010, 2:56 am
  17. Penjelasannya Detail dan memberikan banyak ilmu untuk saya

    Posted by Mutia Khairunisa | Senin, Februari 7, 2011, 1:15 am
  18. makasih atas infonya…. lenkap banget informasinya… moga bisa tambah baik+sukses selalu…

    Posted by nike | Sabtu, Februari 26, 2011, 6:01 am
  19. ilmu tentang iklim sngat bermanfaat bagi saya termah kasih ya atas semua penjelasannya

    Posted by amrinisme smada taklar | Senin, Maret 7, 2011, 8:47 am
  20. thank”s ya untuk ilmunya

    Posted by amrinisme smada taklar | Senin, Maret 7, 2011, 8:48 am
  21. di indonesia ada berapa iklim sih…???

    Posted by innkga | Minggu, Juni 12, 2011, 3:56 am
  22. thank’s ya berkat jawabannya gw bisa belajar dengan ini

    Posted by budy | Selasa, Juli 19, 2011, 8:21 am
  23. thank’s ya berkat jawabannya gw jadi tau jawabanya

    Posted by budy | Selasa, Juli 19, 2011, 8:23 am
  24. Trims atas infonya, aku jadi bisa ngerjain tugas ponakan ku…
    Top abiiiisssss

    Posted by Phutry Mallu | Rabu, Juli 20, 2011, 3:23 pm
  25. akhirnya PRku jadi…
    makasi atas infonya

    Posted by ryquells adityatama | Senin, Juli 25, 2011, 11:48 am
  26. kalo misanya daerah panas tropis suhunys berapa yang paling tinggi ?

    Posted by wan balqis | Selasa, Oktober 18, 2011, 6:38 am
  27. thans for materii.x …… ;)

    Posted by thaliia agatha | Selasa, November 15, 2011, 6:05 am
  28. sya gk dpat ap2… bgaimna… ksih yg lengkap lahhhh…..

    Posted by dewiku | Selasa, Desember 27, 2011, 6:17 am
  29. ,,,,,terimakasih informasinya mudah mudahan bermanfaat,,,,,

    Posted by IMAJINASI PASAWAHAN | Kamis, Desember 29, 2011, 4:21 am
  30. mksh bwt infonya..
    membantu bangett.. :)

    Posted by nanda | Sabtu, Januari 21, 2012, 3:12 pm
  31. pak tolong lebih detail lg donk tipe iklim mohr nya,,,saya pakai metode ini tetapi hanya satu titik aja gak spasial data nya apa bisa? tolong ya pak iklim mohr lebih banyak lagi referensi nya,,trimakasih sebelum nya

    Posted by bambang herwanto | Jumat, Januari 27, 2012, 10:59 am
  32. susah kali mencari Pembagian iklim matahari………..
    jadi pusing aku..!

    Posted by Destiny Manurung | Selasa, Februari 14, 2012, 12:57 pm
  33. terima kasih atas infonnya, semoga bermanfaat.

    Posted by auzi arvence | Minggu, Maret 4, 2012, 1:09 pm
  34. thank yyh atz infoe’yy

    Posted by dhewi | Rabu, Maret 14, 2012, 8:20 am
  35. thank’s yh tazzz info;a

    Posted by Ratna | Rabu, Maret 14, 2012, 8:22 am
  36. Gambar 25: Pembagian iklim menurut Junghuhn..koq ga muncul2 ya d komputer qu

    trims ya..

    Posted by rizanti | Sabtu, Maret 17, 2012, 12:16 pm
  37. Informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih

    Posted by zulkarnain chairuddin | Jumat, Juli 27, 2012, 4:48 pm
  38. tugas ku selesai :) :D 8)

    Posted by iqbal | Minggu, Oktober 14, 2012, 12:31 pm
  39. tanks ….. :) :( :D

    Posted by iqbal | Minggu, Oktober 14, 2012, 12:33 pm
  40. tanks you gogle….. :) :D

    Posted by iqbal | Minggu, Oktober 14, 2012, 12:36 pm
  41. Thank’s taz info.a..
    It zangat brguna buat z..

    Posted by Irmawati | Rabu, Januari 16, 2013, 8:06 am
  42. very good.btw this is in Indonesia, not korea, right?

    Posted by Girls Generation | Minggu, Januari 20, 2013, 2:01 am
  43. yes mksih pr slesai

    Posted by Eleazar Ioanes E B | Kamis, Februari 14, 2013, 12:18 pm
  44. gambar nya mana

    Posted by zahra | Senin, Februari 18, 2013, 9:05 am
  45. GIMANE CARA DOWNLOAD OR BISA GA DI PRINTNICH GAN…??? THANK’S

    Posted by DEDI'S | Senin, Februari 25, 2013, 3:46 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: PEMBAGIAN IKLIM « Masdayatoke - Rabu, Februari 16, 2011

  2. Ping-balik: BIOSFER « geographyeducation - Senin, Januari 16, 2012

  3. Ping-balik: Arsitektur Dua Musim dan Empat Musim « elangbani - Selasa, Oktober 9, 2012

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya.

Si TUKANG KETIK !!!

”(^_^)..v” Watasi no namaewa Eirlangga desu. Doctor wa yumeda kara .

RSS GIS FORUM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My GALERY

Tree love

tes warna tanah  dgn munshel

bor mineral by cipta

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: